Kantor BAZNAS Rokan Hulu ( Foto: SegmenNews.com)
Kantor BAZNAS Rokan Hulu ( Foto: SegmenNews.com)

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Badan Amil Zakas Nasional (Baznas) wilayah Kabupaten Rokan Hulu sedang menyusun Program Zakat Community Development (ZCD) yang meliputi empat program yakni, Keagamaan, kesehatan, pendidikan, ekonomi sosial yang merupakan Program BAZNAS pusat.

Dikatakan Ketua BAZNAZ Rohul, Ir H Sam Rikardo MSi, kepada SegmenNews.com, Kamis (3/4/14) diruang kerjanya, saat ini pihaknya sedang menyusun Program yang sangat dibutuhkan untuk Desa binaan yakni, Kasang Padang Kecamatan Kepenuhan.

“Kita sudah dua kali pertemuian dengan pusat, kami sedang menyusun matrik kegiatan tahapan ketiga. Setelah disusun akan dikirim ke pusat, Pusat akan adakan rapat lanjutan di Provinsi, terkait apa saja program yang di prioritas untuk jangka waktu 3 tahun mendatang,” tukas Sam Rikardo.

Dijelaskannya, Program ZDC tersebut akan Lounching pada bulan Mei 2014 mendatang. Sementara anggaran pembinaan, bisa mencapai 4 sampai 5 miliar, namun harus disesuaikan dengan kajian Program secara prioritas. Untuk tahun ini direncanakan, dana pusat Rp 100 juta, Rokan Hulu Rp 50 juta dan Provinsi Riau Rp100 juta.

Disamping itu, terkait pemilihan Desa Kasang Padang sebagai Desa prioritas Program ZCD di Rohul, kata Sam Rikardo, bahwa pusat hanya memberikan Program tersebut untuk satu Desa. Desa Kasang Padang yang dipilh dinilai masih sangat membutuhkan bimbingan.

“Yang sangat menonjol adalah dibidang keagamaan dan pengamalan agama islam, hal itu tidak berjalan sebagaimana mestinya. Kesadaran masyarakat sholat berjemaah di Masjid sangat minim masjid selalu sepi walaupun sholat Jum’at sekalipun. Masyarakat disana juga banyak yang buta huruf alqur’an,” paparnya.

Dalam Program ZCD tersebut, BAZNAS Rohul akan memprogramkan membuat taman baca alquran sekaligus gurunya, mengaktifkan kembali TPA, mengajak masyakat sholat lima waktu dan keagamaan lainnya.

Sementara untuk perekonomian, BAZNAS akan mengupayakan kerja sama dibidang perkebunan dengan perusahaan dan SKPD. Sementara itu untuk bidang lainnya, BAZNAS tengah mempersiapkannya.***(r4n)