Bupati Achmad membuka selubung peresmian pemakaian 50 los pasar bantuan Kementrian Koperasi Pusat di Desa Rambah Utama
Bupati Achmad membuka selubung peresmian pemakaian 50 los pasar bantuan Kementrian Koperasi Pusat di Desa Rambah Utama

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu, Drs Achmad Msi secara resmi membuka Rapat Kerja (Raker) Koperasi dan Industri Kecil menengah (IKM) se Kabupaten Rohul yang dipusatkan di kantor Koperasi Genta jaya Desa Rambah utama, Rabu (2/4/14).

Bupati menyampaikan, bahwa Indonesia sangat cocok berkoperasi, karena Koperasi ini adalah bentuk kebersamaan dan menjunjung tinggi terhadap nilai-nilai kekeluargaan dan berfungsi sebagai pilar utama untuk pembangunan ekonomi kemasyarakatan.

Secara khusus Bupati bangga terhadap kesuksesan koperasi di Kabupaten Rokan Hulu yang telah mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Saya bangga terhadap masyarakat, para pengurus koperasi khususnya untuk para kaum ibu yang telah ikut berkiprah kepada Koperasi, karena ciri ekonomi berkonsep koperasi. Pengurus Koperasi tidak semata-mata mengejar keuntungan tapi tetap memperhatikan landasan sesuai dengan undang-undang untuk memupuk kebersamaan,” sampainya.

Lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sangat komitmen untuk lebih mengembangkan koperasi di kecamatan hingga ke Desa-desa. Saat ini, koperasi telah tumbuh kembang berkat kinerja dan keseriusan para pengrus dalam mengelola koperasi.

Oleh karena itulah Pemda memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pengurus Koperasi. “Kita berharap dengan diberikan penghargaan ini para pengurus semakin termotivasi dalam memajukan dan mengembangkan Koperasi di Rohul,” harapnya.

Pemerintah juga memberikan kemudahan dengan menggratiskan perizinan koperasi, baik yang bergerak di sektor informal, pengelolaan pasar, listrik, perkebunan dan pertanian.

Pemerintah juga mengucurkan dana permodalan koperasi baik itu bantuan APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten.

Sementara itu Kadis Koperindag Drs Zulkarnain, mengatakan perkembangan koperasi di Rohul, sudah mengukir karir lewat nasional, bahkan sudah program di Rohul tiap kecamatan harus ada jalan koperasi.

“Koperasi di Rohul tidak lagi mencari prestasi nasional, namun menargetkan supaya bisa meraih prestasi tingkat Internasional, ini tentu butuh dukungan dari semua elemen masyarakat,” ujar Zulkarnain.

Jumlah Koperasi di Kabupaten Rokan Hulu saat ini sebanyak 231 koperasi. Raker Koperasi dan IKM ini juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Rohul Magdalisni Achmad, para Kepala Badan Dinas dan kantor, Upika Kecamatan para, Kades pengurus Koperasi se Rohul dan beberapa pihak perusahaan.***(adv/r4n)