Ilustrasi jembatan runtuh
Ilustrasi jembatan runtuh

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Jembatan Mentawai sebagai penghubung Desa Cipang Kiri dengan tiga Desa di Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu ambruk. Akibatnya perekonomian masyarakat lumpuh, harga sawit turun drastis hingga 30 persen.

Jembatan tersebut sudah ambruk sejak dua pekan lalu. Kondisi jembatan yang berada di Desa Cipang kiri Hilir itu memiliki panjang 25 meter, material-material jembatan berjatuhan ke sungai. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas diatasnya lagi.

Tokoh masyarakat, Asri T SOS, Selasa (8/4/14) juga menjabat sekretaris Komisi III DPRD Rokan Hulu saat kunjungan mengatakan bahwa jembatan Mentawai itu dibangun Pemerintah Riau tahun 2000 lalu, jembatan itu merupakan urat nadi bagi empat Desa. Sejak dibangun jembatan itu tak pernah mendapat perawatan maupun perbaikan. Bahkan hingga runtuhpun belum ada upaya perbaikan.

“Jembatan itu tak pernah diperbaiki, sementara Pemkab Rokan Hulu juga sudah mengetahui kondisi jembatan yang ambruk saat ini,” tukasnya.

Lanjutnya, besar harapan masyarakat sekitar 8000 keluarga disana agar Pemerintah memperbaiki jembatan itu, jika tak diperbaiki maka, kedepan perekonomian masyarakat akan semakin parah.***(r4n/acce)