ilustrasi
ilustrasi

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Satelit NOAA 18 milik Amerika Serikat merekam keberadaan 11 titik panas (hotspot) di daratan Pulau Sumatera pada Rabu (9/4), ketika Pemilihan Umum Legislatif tengah berlangsung rerentak.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau dari belasan titik panas tersebut, dua diantaranya berada di Riau.

Satu “hotspot” berada di Desa Kain Utara, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, dan satu lagi berada di Desa Tenggayun, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.

Sementara menurut pantauan Satelit Terra dan Aqua (Modis), di Sumatera sejak Selasa (8/4/14) terekam ada sebanyak tujuh titik panas, dan hanya satu di Riau tepatnya di Desa Rambaian, Kecamatan Gaung Anak Serka, Kabupaten Indragiri Hilir.

Kepala BPBD Riau, Said Saqlul Amri mengatakan, sejauh ini upaya pengendalian kebakaran lahan dan hutan masih terus dilakukan dengan tahap pemulihan dari sebelumnya berstatus darurat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprakirakan sebagian wilayah di Provinsi Riau akan dilanda hujan ringan pada malam hari ini.

“Pada umumnya, hampir seluruh wilayah kabupaten/kota di Riau cerah hingga berawan. Khususnya pagi hingga siang,” kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru Bibin Suyanto dikutip Antarariau.com.

Diprakirakan, demikian Bibin, hujan dengan intensitas ringan baru akan terjadi pada malam hari, khususnya untuk Riau bagian Timur, Selatan dan Riau bagian Barat.

“Seperti Kabupaten Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Hulu, dan Pekanbaru serta Bengkalis dan sejumlah daerah lainnya,” kata dia.***(net/lis/ur)