karetRokan Hulu (SegmenNews.com)- Sebagian besar masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu adalah petani karet, bahkan Provinsi Riau dan Rokan Hulu setiap tahunnya memprogramkan pembibitan karet seta kelengkapan menjadi program utama.

Ditahun 2014 ini diprogramkan 400 Ha lahan yang dialokaskan untuk karet, belum lagi ditahun-tahun sebelumnya. Jika Program ini berjalan 5 tahun, maka lahan karet sudah berjumlah 2000 ha di Kabupaten Rokan Hulu, belum lagi pohon karet yang berasal dari masyarakat sendiri.

Untuk itu masyarakat tentunya membutuhkan penampungan hasil kebun karet. Besar harapan masyarakat Pemkab Rokan Hulu membangun pabrik karet yang dikelola Perusda.

Hal tersebut dikatakan oleh tokoh pemuda Kepenuhan, Afrianto, Sabtu (12/4/14). Menurutnya, Pembangunan Pabrik Karet oleh Pemkab merupakan kebutuhan masyarakat. Kedua, dari sisi harga yang selama ini menjadi persoalan yang tidak berkesudahan di masyarakat.

Ketiga, adanya kebutuhan tenaga kerja dari anak jati Rokan Hulu. Keempat, pabrik karet bisa menjadi sumber Pendapatan Asli daerah (PAD), Kelima, Pabrik Karet juga diwujudkan menjadi pilot projek di Riau.

“Kita mendesak Pemkab Rohul membangun Pabrik karet, sebab pabrik karet juga banyak manfaat bagi masyarakat dan Pemkab Rohul sendiri. Masalah tempat pembangunan, bisa dimana saja asalkan terjangkau oleh masyarakat se Rokan Hulu,” desaknya.***(acce/rls)