Wakil Bupati Siak H Alfedri memberi selamat kepada peserta diklat
Wakil Bupati Siak H Alfedri memberi selamat kepada peserta diklat

Siak (SegmenNews.com)- Wakil Bupati Siak H Alfedri membuka Diklat Prajabatan Golongan III angkatan II serta Diklat Prajabatan golongan I dan II angkatan IV formasi K I Provinsi Riau di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2014 di Ruang Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Senin (14/4/14).

Dalam arahannya Wabup menghimbau agar para peserta Diklat untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan ini dengan baik dan penuh disiplin tinggi. Selain itu, PNS sebagai komponen reformasi birokrasi menempatkan PNS sebagai pegawai profesi yang memiliki nilai dasar, etika profesi, kualifikasi dan standar kompetensi yang telah ditetapkan.

Karenanya PNS dituntut profesional, disiplin dan memiliki etos kerja yang tinggi. “Sekarang ini tuntutan terhadap peningkatan kinerja PNS sangatlah tinggi, PNS harus merubah mindset. PNS itu melayani, bukan minta dilayani masyarakat, ini dulu harus benar-benar dipahami para abdi negara,” kata Wabup.

Selanjutnya Wakil Bupati mengharapkan kepada peserta Prajabatan Golongan I, II dan III agar menjadi pegawai yang Profesional, loyal pada pekerjaan dan pimpinan dalam melaksanakan tugas, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal sebagai konsekwensi kita sebagai abdi masyarakat dan abdi negara.

“Dengan demikian, PNS sebagai unsur utama SDM aparatur Negara, mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut adalah PNS yang mempunyai kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, professional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa, jelasnya.

Wakil Bupati Siak H Alfedri berfoto bersama peserta diklan prajabatan
Wakil Bupati Siak H Alfedri berfoto bersama peserta diklan prajabatan

Pada kesempatan tersebut, kepala BKD Provinsi Riau melalui Sekretarinya Asrizal mengatakan tujuan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan prajabatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika pegawai negeri sipil, disamping pengetahuan dasar tentang penyelenggaraan pemerintahan Negara, bidang tugas dan budaya kerja organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

Sebelumnya, Kepala BKD Siak H. Lukman dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan diadakannya Diklat Prajabatan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan Instansi. Selain itu guna menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik dan sasarannya adalah terwujudnya PNS yang mampu melaksanakan tugas-tugas mengelola administrasi yang baik dan professional serta memiliki potensi yang sesuai dengan persyaratan pengangkatan untuk menjadi PNS.

Lebih lanjut Lukman mengatakan, Diklat Prajabatan ini diikuti oleh CPNS golongan III sebanyak 26 orang, CPNS golongan I sebanyak 20 orang dan CPNS golongan II sebanyak 60 orang, dengan jumlah keseluruhan 106 orang. Untuk pelaksanaan CPNS golongan III angkatan II di mulai tanggal 14 sampai 7 2014 selama 24 hari dan untuk golongan I dan II angkatan IV dilaksanakan mulai tanggal 14 April sampai 2 Mei 2014 yaitu selama 19 hari, bertempat di Grand Royal Hotel jalan tengku buang asmara Siak.

Jumlah CPNS yang belum mengikuti diklat prajabatan lanjutnya, sebanyak 807 orang yang terdiri dari formasi K1 sebanyak 271 orang, formasi K2 sebanyak 363 orang dan formasi umum sebanyak 173 orang, Artinya masih ada 701 orang lagi yang belum mengikuti diklat ini. Hal ini akan diselesaikan secara bertahap, jelasnya.

Diklat Prajabatan Golongan I, II dan III dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri ditandai dengan pemasangan Tanda Peserta kepada Peserta Diklat. Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Administrasi Umum H. Jamaluddin, Sejumlah Staf Ahli Bupati, dan pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.***(rinto/adv/hum)