Asisten III Setdakab Siak, H Jamaluddin memasang tanda peserta
Asisten III Setdakab Siak, H Jamaluddin memasang tanda peserta

Siak (SegmenNews.com)- Asisten Administrasi Umum H Jamaluddin membuka secara resmi acara sosialisasi Minat Baca yang di taja oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak di gedung serbaguna kantor camat Lubuk Dalam, Rabu (16/4/14).

Acara tersebut berlangsung dari tanggal 16 sampai tanggal 17 yang dimulai dari kecamatan Lubuk Dalam dan Kecamatan Dayun. Hadir pada kesempatan tersebut sebagai narasumber dari Kepala Direktorat Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI T. Syamsul Bahri dan Pustakawan Madya Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Riau Zainah serta Camat Lubuk Dalam Aditya Chitra ‘Smara.

Dalam sambutannya Jamaluddin menyambut baik acara sosialisasi minat membaca ini, menurutnya perpustakaan sebagai lembaga yang menyediakan atau menyajikan media informasi dan pengetahuan bagi masyarakat maupun para pelajar. Dimana saat ini informasi sudah menjadi suatu kebutuhan primer bagi masyarakat.

“Peran pustakawan sangat dibutuhkan dalam rangka untuk menumbuh kembangkan minat baca bagi para pengguna perpustakaan, terutama bagi anak-anak kita yang masih sekolah.

“Pemerintah kabupaten Siak saat ini komit terhadap perkembangan minat dan budaya membaca ini, karena sesuai dengan visi dan misi kabupaten Siak, hal ini ditandai dengan telah dibangunnya kantor Perpustakaan dan Arsip yang cukup megah, jelasnya.

“Disamping itu juga pihaknya telah mengembangkan perpustakaan sampai ke Desa-desa, hingga saat ini ada sekitar 74 pustaka Desa dan kedepan nantinya di setiap desa ada pustakanya”.

Lebih lanjut dirinya berharap pengelola dari perpustakaan tersebut untuk dapat meningkatkan kemampuannya, dan terus mengikuti acara-acara sosialiasasi seperti ini.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini Jamaluddin berharap peserta dapat menyimak materi yang diberikan sehingga peserta sebagai pengelola perpustakaan dapat memahami tentang penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan desa demi mewujudkan komitmen Pemerintah Kabupaten Siak dalam upaya mencerdaskan masyarakat melalui kegiatan membaca.

Sebelumnya KepalaKantor Perspustakaan dan Arsip Kabupaten Siak Hj. Herayulwita mengatakan kegiatan ini merupakan lanjutan dari tahun lalu yang telah dicanangkan Siak gemar membaca.

Perpustakaan sebagai sumber ilmu, tempat belajar, rekreasi sarana belajar non formal, dan perpustakaan berusaha untuk mengalihkan tindakan-tindakan negative dari pemuda atau pelajar dan masyarakat bahwa perpustakaan adalah pendidikan untuk semua “education for all”, jelasnya.

Pengembangan minat budaya baca masyarakat merupakan tugas yang tidak mudah, karena tugas pengembangan minat baca ini sangat memerlukan peran aktif berbagai pihak (Pendidik, Keluarga, Lingkungan dan Pemerintah), serta harus didukung oleh sarana prasarana yang memadai. Oleh karenanya melalui penyelenggaraan sosialisasi minat budaya baca diharapkan para pengelola Perpustakaan dapat lebih memahami tentang pengelolaan Perpustakaan, dan bertujuan sebagai upaya optimalisasi keberadaan Perpustakaan di daerah,” ungkapnya.***(adv/hum/rinto)