pemiluPelalawan (SegmenNews.com)- Perayaan pesta demokrasi pemilihan wakil rakyat atau DPRD Kabupaten, Propinsi, DPR RI pada 9 April, hari ini, Rabu (16/4) tujuh Kecamatan di Kabupaten Pelalawan menggelar rapat Pleno PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk menghitung surat suara masing-masing caleg.

Tujuh Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Teluk Meranti, Langgam, Pangkalan Kerinci, Pangkalan Kuras, Kuala Kampar, Ukui, sekijang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan, Nazaruddin mengatakan, bahwa pelaksanaan rapat pleno dilakukan sebagai tahapan Pileg 2014, setelah sebelumnya dilakukan Pileg pada 9 April kemarin. Proses penghitungan surat suara dilaksanakan di tingkat Kelompok Panita Pemungutan Suara (KPPS), selanjutnya dilakukan rekapitulasi melalui sidang pleno terbuka di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau desa.

Kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi di Kecamatan melalui sidang pleno terbuka yang dibacakan PPS dengan disaksikan saksi partai politik (Parpol) peserta pemilu dan panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

Nazaruddin juga mengatakan, pelaksanaan perhitungan rapat pleno kecamatan akan berlangsung sampai Kamis (17/4), hasil perhitungan pleno akan diserahkan ke KPU H-1 sebelum pelaksanaan pleno Kabupaten Pelalawan.

Sementara itu, untuk pleno di KPU Kuansing dijadwalkan pada 19 April mendatang. “Mudah-mudahan semua berjalan sesuai rencana dan tidak mengalami kendala,” harapnya.

Nazaruddin menambahkan, yang sudah melaksanakan pleno Kecamatan Bandar Petalangan, Bunut, Kerumutan, Pelalawan, Pangkalan Lesung. Masing-masing PPK melaksanakannya dengan cara berbeda.***(fin)