Longsor Sumbar
Longsor Sumbar

SegmenNews.com – Bencana tanah longsor dan angin puting beliun menerjang dua wilayah di Provinsi Sumatera Barat pada Selasa 15 April sekira pukul 17.00 WIB. Longsor terjadi di jalan lintas Padang-Bukittinggi atau sekitar air terjun Lemba Anai.

Menurut Indrawati (42) warga Kecamatan Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, saat kejadian anaknya Rahmawati baru pulang kuliah dengan menumpang sebuah bus menuju ke rumahnya.

“Saat kejadian itu di depan bus yang ditumpangi anaknya ada satu mobil Avanza dari Bukittinggi menuju Padang nyaris tertimbun longsor, beruntung mobil tersebut cepat ngerem,” ungkapnya.

Dia menuturkan, semua isi bus terpaksa keluar dari mobil untuk menyelamatkan diri. Lokasi kejadian di Silaing atau tepatnya di kawasan Megah Mendung. Sementara Kepala UPT Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Panjang Joni Aldo mengatakan, longsor terdapat di dua titik di jalan yang sama.

“Pertama di daerah Silaing Karing dan Megah Mendung. Itulah titik longsor saat ini, tapi masih satu jalan,” ujarnya.

Akibat longsor, sempatg diberlakukan buka tutup di jalan tersebut. Dia meminta agar warga sementara tidak melewati jalan tersebut, lantaran masih banyak bebatuan sisa longsor yang jatuh ke jalan.

“Dari laporan anggota kita kondisi lokasi kejadian itu masih hujan, jadi peluang untuk longsor bisa saja terjadi untuk itu pengendara mobil untuk berhati-hati,” ujarnya.

Sementara itu, angin puting beliung melanda wilayah Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Sebanyak tiga rumah rusak akibat tertimpa batang pohon.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar, Altri Suandi mengatakan, saat kejadian turun hujan cukup lebat.

“Tiga rumah rusak tertimpa pohon, kemudian beberapa ruas jalan di daerah tersebut juga ditutupi pohon tumbang akibat puting beliung, tak ada korban manusia,” tandasnya.***

Red: has
Sumber : okezone