Pelalawan (SegmenNews.com)- Ujian nasional (UN) tahun 2014 yang akan ditempuh siswa SMP pada bulan Mei tinggal hitungan beberapa minggu, SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci berbagai persiapan untuk menempuh Ujian Nasional sudah dilakukan mulai dari semester 1 siswa masuk sekolah hingga mendekati hari H.

Persiapan tersebut meliputi memberikan program achievement planning atau perencanaan prestasi, hingga mengadakan bimbingan dan tri out agar siswa tidak stres ketika Ujian Nasional tiba.

Ada empat mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan Prosedur Operasi Standar yang diterbitkan Badan Standar Nasional Pendidikan selaku penyelenggara UN, UN Susulan berlaku bagi peserta didik yang sakit atau berhalangan. Kondisi tersebut dibuktikan dengan surat keterangan yang sah.

Rabu (16/4), Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci Abu Tohir mengatakan, persiapan untuk Ujian Nasional (UN) 2014 sudah dimulai pada semester jauh hari sebelumnya ketika siswa masuk sekolah.

Persiapan tersebut diperkuat bagi siswa kelas 9, dengan memberikan beberapa program yang cukup untuk menghadapi UN nanti. Semoga 100 persen kelulusan dapat diraih sekolahnya.

Abu Tohir juga mengatakan, dengan memberikan program khusus bagi siswa yang akan menghadapi UN, berharap peserta didik bisa menyusun komitmen baru untuk lebih mendukung lagi persiapan ujian nasional.

Dengan standar nilai kelulusan yang ditetapkan, sehingga siswa diharapkan dapat lulus dalam UN 2014 dengan hasil yang maksimal.

Abu Tohir menambahkan, dalam pelaksanaan UN nanti, SMP negeri 1 Pangkalan Kerinci sebanyak 350 siswa, perisapan yang sudah dilakukan sekolah seperti bimbingan belajar, tryout dari sekolah dan Dinas Pendidikan.

Dari 3 kali tryout yang dilaksanakan, kecenderungan hasilnya meningkat. “Dari itu, Kami optimis dapat melewati target 100 persen kelulusan yang diinginkan.***(fin)