Bupati melepas balon pertanda dibukanya ajang O2SN, FLS2N dan Popda Tahun 2014
Bupati melepas balon pertanda dibukanya ajang O2SN, FLS2N dan Popda Tahun 2014

Rokan Hulu (SegmeNNews.com)- Sebanyak 1.938 pelajar dari SD,SMP, SMA dan SMK berasal dari 16 kecamatan se-Rohul, ikut ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), serta Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) juga Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Kabupaten Rohul tahun 2014.

Lebih dari 3000 atlet serta official dan peramai, ikut semarakan pembukaan O2SN, FLS2N juga Popda, yang dibuka Bupati Rohul, Drs H Achmad M.Si, Kamis (17/4/2014) di halaman kantor Bupati Rohul, dihadiri Wabup Ir H Hafith Syukri MM, Sekda Rohul, Ir Damri, Kepala Disdikpora Rohul, HM Zen, Ketua MUI Rohul, serta para kepala dinas lainnya, kepala badan, kepala kantor serta pejabat dari Forkompinda Rohul lainnya.

Dalam kegiatan pembukaan, digelar parade dari masing-masing kontingen yang akan berlomba termasuk seluruh official. Kegiatan itu sendiri, menurut laporan Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Rohul, Dahnil S.Pd, akan digelar dari 17 hingga 26 April 2014, dipusatkan di Pasir Pengaraian.Dimana untuk cabang olahraga yang dipertandingkan yakni, 9 cabang mulai atletik, catur, bola volly, bulu tangkis, tenis meja, bola basket, futsal, silat dan karate, dengan jumlah atlet 1.527 orang.

“Sedangkan untuk nomor seni yang dilombakan, ada 20 nomor, seperti pidato berbahasa Indonesia, pantomime, gambar bercerita, seni karya anyam, menyanyi solo, tari tradisional, seni lukis, desain motif batik, cipta lagu, cipta cerpen, seni baca Al Quran, vocal group, kreatifitas berbahas Inggris (story teling),”.

“Selain itu, juga ada lomba desain foster, cipta puisi, menari berpasangan, drama dan teater, baca puisi, musik tradisional, juga seni gitar klasik tunggal dengan peserta 411 orang. Sedangkan atlet yang akan bertanding 1572, sehingga total dan atlet serta peserta seni yang akan bertanding nantinya 1938 orang, ,”kata Dhanil.

Bupati Rohul Drs H Achmad M,Si berharap, dengan digelarnya O2SN, FLS2N juga Popda tingkat Riau, sebagai bentuk pembinaan fisik dan kerohanian. Paling tidak, nantinya ada 3 kegiatan yang dilaksanakan dari ajang loma tersebut, yakni nantinya diharapkan dapat mencari bibit atlet sesuai cabang yang dipertandingkan termasuk bibit pelaku seni. Kemudian, juga akan mendidik watak serta karakter dan jujur, lalu melalui kegiatan tersebut maka terjalinnya tali silaturrahmi dengan seluruh atlet dan pelaku seni yang terlibat diajang lomba.

“Saya berharap, seluruh atlet yang akan bertanding mewakili sekolah maupun kecamatan, bisa menjung sportipitas bertanding. Termasuk bagi yang lomba seni, bisa menunjukan kemampuannya secara baik, sehingga nantinya bisa dapat meningkatkan prestasi, bukan hanya tingkat kabupaten saja, namun ke tingkat Provinsi Riau bahkan nasional,”himbau Bupati.

Selain itu, Bupati juga berharap, agar seluruh peserta yang akan berlomba, bisa menjaga kesehatan, karena dalam perlombaan diperlukan kesiapan fisik yang sempurna. Juga diharapkan pula, juri dan wasit, bisa bersikap netral sehingga pelaksanaan pertandingan yang digelar tersebut, nantinya menghasilkan bibit-bibit yang memang bisa membawa harum nama Rohul diajang Provinsi Riau maupun tingkat nasional.

Kegiatan itu, juga dikakukan dengan dibuka secara resmi oleh Bupati Rohul, dengan melepas balon terbang, disaksikan seluruh pejabat lainnya, juga seluruh atlet yang akan bertanding.

Ke 1938 atlet nantinya akan bertanding, dengan tempat yang sudah disiapkan dari Lapangan purna MTQ, lapangan Disdikpora Rohul, GOR PGRI Rambah, Aula SMAN I Rambah, SMKN I Rambah, SMPN I Rambah serta aula TK Islamic Centre Pasir Pengaraian.(adv/hum/r4n)