rapatPekanbaru (SegmenNews.com)- Kementerian Lingkungan Hidup (LH) akan memperketat pemberian penghargaan Kalpataru dan Adipura kepada daerah, karena banyak dijumpai daerah peraih pengahrgaan tapi kondisi lingkungannya sangat memprihatinkan.

Hal itu ditegaskan Menteri LH Prof DR Balthasar Kambuaya MBA, pada sambutannya saat membuka Rapat koordinasi pengelolaan lingkungan hidup ekoregion sumatera 2014, di gedung daearh kediaman Gubernur Riau, Senin (21/4/14).

“Pemberian penghargaan terkait lingkungan ini perlu kita evaluasi lagi kriterianya,” tegas dia.

Balthasar menjelaskan, seharusnya bagi daerah peraih penghargaan, minimal bisa memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat didaerahnya tentang bahaya-bahaya yang ditimbulkan akbita kerusakan lingkungan, karena saat ini kondisi kerusakan lingkungan di negeri ini sudah sangat memprihatinkan.
Ditegaskan, jika kondisi kemerosotan kualitas lingkungan ini terus menerus terjadi baik di wilayah pesisir atau wilayah lainnya bukan tidak mungkin di masa yang akan datang mempengaruhi “Ketahanan Lingkungan”. Salah satu ciri bahwa ketahanan lingkungan sudah mulai melemah adalah dengan semakin cepatnya laju kerusakan dan pencemaran lingkungan.

“Melalui rapat ini, pemerintah menyampaikan program, capaian dan kondisi lingkungan hidup terkini kepada masyarakat, pihak swasta menyampaikan capaian mereka memanfaatkan sumberdaya alam yang berkelanjutan serta masyarakatpun menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan oleh mereka dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pada umumnya dan pengelolaan pesisir khususnya,” jelasnya.

Bagaimanapun, menurut Balthasar, dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pelibatan masyarakat dan swasta serta pemerintah menjadi aspek yang penting, pemerintah perlu mengeluarkan program yang pro lingkungan sementara pihak swasta perlu juga menyadari akan pentingnya melindungi sumberdaya dan ekosistem pesisir.

“Serta masyarakat diharapkan melakukan aksi-aksi ramah lingkungan untuk meminimalkan dampak perubahan iklim, semua kita yang berada dibumi ini harus bisa menjaga kelestarian lingkungan, dimanapun dan diwilayah manapun kita berada,”tegasnya lagi.***(ris)