Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan yang di saksikan oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri  dan Ketua PKK Kab Siak  dan Ketua DWP Provinsi Riau
Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan yang di saksikan oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri dan Ketua PKK Kab Siak dan Ketua DWP Provinsi Riau

Siak (SegmenNews.com)- Pergantian pengurus suatu organinsasi adalah suatu dinamika dan itu harus terjadi sebagai suatu proses, untuk peningkatan kegiatan. Dengan pergatian dan reorganisasi diharapkan akan mampu mempertahankan bahkan meningkatkan efektivitas kegiatan, termasuk dalam organisasi Dharma Wanita.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Siak H. Alfedri saat memberi sambutan pada Pengukuhan dan Serah Terima Jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Siak dan sekaligus Peringatan Hari Kartini di Gedung Tengku Mahratu, Rabu (23/4/14).

Lebih lanjut disampaikan Wabup mengucapkan selamat kepada Ibu Ketua DWP Kabupaten Siak yang baru, dengan harapan dapat menjalankan amanahnya dengan baik. Terkait dengan peringatan Hari Kartini, mengapa setiap tahun kita memperingati Hari Kartini ini, ada apa dengan Kartini ini. Tokoh Wanita sesuai dengan Kepres Nomor 108 Tahun 1994 sebagai Pahlawan Nasional. Harapannya adalah dengan memperingati Hari Kartini ini kita jadikan momentum untuk melakukan kebijakan dan kilas balik, dan untuk mengenang perjuangan dari seorang Kartini.

Pesan dari Kartini ini adalah kepada kaum Perempuan untuk setara dengan laki-laki, yang kita kenal dengan Gender. Dengan pengarustamaan gender peran ibu-ibu ini diharapkan mampu mengisi berbagai aspek di bidang pembangunan.

Berdasarkan data statistik, jumlah penduduk perempuan di Kabupaten Siak sebanyak 234.685 jiwa. Dengan jumlah perempuan yang demikian besar, maka potensi perempuan perlu lebih kita berdayakan, baik sebagai subjek maupun objek pembangunan bangsa. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dimulai dari peran perempuan dalam memberikan pendidikan kepada anaknya sebagai generasi penerus bangsa.

Ketua Panita Hj. Umi Habibah Fauzi dalam laporannya mengatakan mengatakan dasar dari kegiatan ini adalah surat pengunduran diri Ketua DWP Kab Siak Nomor 04/SET/DWP Kab. Siak/2014, keputusan Rapat Pengurus DWP Kab. Siak tanggal 22 Januari 2014 tentang penunjukan secara aklamasi Ny. Hj. Rahimawati Hamzah, SE sebagai ketua DWP yang baru.

Tujuan dari kegiatan ini selain serah terima jabatan Ketua Dharma Wanita yang baru untuk mengenal Kartini kepada generasi muda dengan memaknai perjuangan beliau dalam mendapatkan kesetaraan hak antara kaum laki-laki dan kaum perempuan, juga kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan pekerjaan yang sama.

Sebelumnya telah dilaksanakan lomba kebaya Kartini tingkat SD umur 7 sampai 9 tahun di empat kecamatan, kecamatan Siak, Mempura, Dayun dan Bungaraya. Hadir pada kesempatan tersebut Penasehat DWP Kabupaten Siak Hj. Misnarni Syamsuar, Sejumlah Pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Siak, dan sejumlah organisasi wanita di Kabupaten Siak.***(rinto/adv)