Wako Pekanbaru Pimpin HUT Otda XVIII
Wako Pekanbaru Pimpin HUT Otda XVIII

Pekanbaru (SegmenNews.com)- Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT menegaskan bahwa program pemerintah dengan sistem otonomi daerah bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara menyeluruh serta pemerataan pembangunan dengan kearifan kebijakan lokal yang selalu serasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah lainya.

Demikian disampaikan Walikota Pekanbaru membacakan pidato tertulis Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah ke-XVIII yang digelar, Jumat (25/4) di halaman Kantor Walikoa Pekanbaru.

Upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Pemko Pekanbaru tersebut, juga dihadiri oleh para pejabat dari instansi vertical dan Muspida Kota Pekanbaru.

“Sesuai dengan tema HUT Otonomi Daerah tahun ini, bahwa mensukseskan pemilu 2014 dalam upaya memperkuat tata kelola pemrintahan daerah, maka kita harus wujudkan tujuan dan semangat otonomi daerah ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat baik pelayanan jaminan kesehatan BPJS maupun pelayanan public lainnya,’’ ujar Walikota.

Ditambahkan Walikota bahwa dengan otonomi daeah, pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada daerah untuk mengurus pemerintahan serta mengembangkan kemamapuan dan potensi daerah sendiri.

“Dalam penyelenggaran pemerintahan, daerah harus menjalin kerjasama dan keserasian dengan pemerintah pusat serta pemerintah daerah lainnya, dengan menggunakan sistim pemerintahan yang transparan dan menganut azaas kepentingan masyarakat luas dan menyeluruh,’’ tutur Walikota.

Dijelaskan Walikota bahwa pemerintah pusat memberikan batasan dan etika yang jelas dalam penyelenggaraan pemerintahan otonomi
bahwa setiap keputusan yang diambil harus berorientasi kepda kepentingan masyarakat dalam koridor dan aturan hukum yang diakui,” tutur Walikota.***(chir)