Pelalawan (SegmenNews.com)- Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan akan menggelar sejumlah rangkaian kegiatan acara gebyar pendidikan selama tiga hari, mulai 29 April-2 Mei 2014 bertempat di lapangan Pangkalan Kerinci.

Sejumlah rangkaian kegiatan acara gebyar pendidikan tersebut seperti gerak jalan sehat, pentas seni dan pameran pendidikan yang setiap tahunya selalu rutin digelar untuk memeriahkan Hardiknas yang jatuh pada 2 Mei.

Salah satu makna dari sekian banyak makna peringatan Hardiknas adalah bagaimana kita memprespektifkan apa yang telah dan sedang dilakukan untuk masa depan yang lebih baik, sebagaimana diamanatkan dalam sistem perundangan, dalam upaya mencerdaskan bangsa secara utuh. Pada titik ini, maka Hardiknas bukan hanya diperingati untuk kegiatan seremonial belaka, tapi justru untuk lebih memompa semangat.

Minggu (27/4), Kadisdik Pelalawan, MD Rizal melalui Kasi Sarana dan Prasarana TK, SD, SLB Disdik Pelalawan Sahrial mengatakan, Ditetapkannya 2 Mei sebagai Hardiknas diambil dari tanggal dan bulan kelahiran Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yaitu 2 Mei 1889. Ditetapkan tanggal 2 Mei sebagai Hardiknas oleh pemerintah pada tahun 1959, setahun setelah Ki Hajar Dewantara meninggal dunia (29 April 1958) dan dasar pertimbangannya adalah jasa Ki Hajar Dewantara selaku pahlawan nasional dan sebagai pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia di zaman penjajahan Belanda.

Sahrial juga mengatakan, untuk pameran pendidikan nanti akan diikuti oleh 12 kecamatan yang ada. Setiap kecamatan akan dikoordinasi oleh UPTD Disdik Kecamatan masing-masing. Sebelum dilakukan pembukaan pameran pendidikan, pada pagi harinya akan dimulai dengan acara kegiatan gerak jalan sehat yang diikuti oleh sekitar 15 ribu siswa dari seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Pelalawan.

“Setelah acara gerak jalan sehat, acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize bagi peserta dan selanjutnya dilakukan acara pembukaan pameran pendidikan oleh Bupati Pelalawan,”ungkapnya.

Sahrial juga menambahkan, acara tersebut bertujuan untuk memeriahkan Hardiknas, maka semua pesertanya adalah siswa dari sejumlah sekolah yang ada di Pelalawan. Peringatan Hardiknas tahun ini diharapkan bisa menjadi momen peningkatan mutu pendidikan dan terciptanya insan-insan berprestasi khususnya peserta didik di wilayah Pelalawan.

“Oleh karena itu diharapkan seluruh satuan pendidikan dilingkungan kabupaten kutai kartanegara dapat mendukung dan berpartisipasi aktif,”jelasnya.***(fin)