Pelalawan (SegmenNews.com)- Ukhuwah merupakan salah satu ajaran islam mengenai konsep persaudaraan. Kata Ukhuwah serigkali dirangkaikan dengan islamiyah menjadi ukhuwah silamiyah, kata itu merupakan pengertiannya bahwa persaudaraan tersebut dibangun atas dasar prinsip.

Tentunya sebagai umat yang beriman lebih mengerti bahwa persaudaraan dalam rangka kemajemukan bukan ketunggalan. Karena pada hakikatnya sifat alamiah manusia yang berbeda-beda sesuai dengan Sunnatullah, maka hal tersebut sangatlah logis bahwa ajaran Allah tentang persaudaraan berdasarkan iman, diberikan dalam kerangka kemajemukan (pluralitas), bukan ketunggalan
(monolitika).

Disamping itu, ukhuwah merupakan perintah agama, sehingga setiap umatnya harus menjalankan perintah tersebut. Tanpa perlu adanya niat untuk melakukan sesuatu hal, ukhuwah merupakan suatu kebutuhan yang sering dilakukan, selama ada waktunya.

Acara silaturahmi ulama se Kabupaten Pelalawan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Pelalawan Drs Marwan Ibrahim,Ketua umum MUI Kabupaten Pelalawan H Iswadi M Yazid Lc MSy, puluhan ulama se Kecamatan Pelalawan.

Usai acara pembukaan silaturahmi ulama se-Kabupaten Pelalawan, Sabtu (26/7), Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan Drs Marwan Ibrahim mengatakan, ukhuwah islamiyah adalah sebuah resep yang paling ampuh untuk mengatasi persoalan yang sering kali terjadi dikalangan umat islam. Apalagi umat islam diseluruh muka bumi yang sering kali lalai dan
lengah akan indahnya ukhuwah islamiyah.

Dengan melihat didataran muka bumi dari umat islam sendiri yang masih tetap berjalan dengan jalannya masing-masing. Namun tidak dipungkiri bahwa sejalan dengan kenyataan islam adalah agama yang paling pesat dan luas menyebar diantara umat manusia dalam tataran keagamaan, persaudaraan berdasarkan iman (ukhuwah islamiyah) adalah sangat sentral, dan tentu tepat sekali jika diyakini sebagai obat mujarab berbagai penyakit umat.

Marwan juga mengatakan, dengan terjalin ukhuwah islamiyah ulama se Kabupaten Pelalawan bisa membangun dan membantu pemerintah Kabupaten untuk mengembangkan suatu daerah lebih maju lagi. Disamping itu dengan sudah maju Kabupaten ini,maka tingkat kenalan remaja semakin bertambah,berharap ulama bisa membantu untuk mengawasi.

” Dengan adanya acara silaturahmi ulama ini, dapat menjalin dengan baik dan dapat membantu meringankan pemerintah daerah membangun dan mengawasinya dengan baik,”ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua umum MUI Kabupaten Pelalawan H Iswadi M Yazid Lc MSy mengatakan, di Indonesia ukhuwah pernah menjadi ikoonya negeri-negeri dengan sistem kesultanan,akan tetapi semua berubah setelah penjajahan, politik adu domba yang dilakukan penjajah antara lain kaum adat dan ulama, kaum tua dan kaum muda, serta menjauhkan ulama dari
pemerintahan.

Iswandi juga mengatakan, pentingya acara ini dilaksanakan, agar pemahaman dan organisasi yang berbeda tidak menyebabkan rapuhnya ukhuwah islamiyah. Kalau tidak bersatu banyak orang lain bertepuk tangan. ” Mudah-mudahan acara silaturahmi ulama akan memberikan satu semangat baru untuk membangun kebersamaan diantara kita,”ungkapnya.***(fin)