Bupati Pelalawan, HM. Harris
Bupati Pelalawan, HM. Harris

Pelalawan (SegmenNews.com) – Kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan upaya wujud nyata dari Pemkab Pelalawan meningkatkan ketrampilan dan profesionalitas SDM dalam mengelola keuangan daerah sesuai dengan aturan dan kaidah hukum yang berlaku. Program-program kerja Pemkab Pelalawan yang terangkum dalam gerakan pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan secara baik guna mewujudkan terciptanya kesejahteraan masyarakat. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi PP 60 tahun 2008 tentang SPIP yang dapat meningkatkan kompetensi, ketrampilan, dan pengetahuan pegawai Pemkab Pelalawan dalam pengelolaan keuangan daerah dan strategi penyusunan pertanngungjawaban di lingkungan pemerintah Kabupaten Pelalawan . Diharapkan setelah kegiatan bimtek ini, didapat satu pencerahan berupa perubahan paradigma atau pola pikir atas masalah keuangan daerah yang pada akhirnya menghasilkan peningkatan kinerja.

Dalam sambutan di depan para peserta, Senin (28/4), Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, dilaksanakannya Bimtek Penatausahaan Pengelolaan Keuangan Daerah  ini sebagai langkah positif dalam upaya lebih mengoptimalkan pelaksanaan keuangan daerah, dan meningkatkan kemampuan para  pejabat penatausahaan keuangan (PPK) di semua SKPD lingkup Pemkab Pelalawan dalam melaksanakan fungsi tata usaha keuangan pada satuan kerjanya.

Harris juga mengatakan, dengan semakin meningkatnya wawasan dan pengetahuan aparatur di bidang penatausahaan dan pengelolaan keuangan daerah diharapkan dapat menjadi solusi terbaik dalam rangka mengeliminir dan menghilangkan berbagai permasalahan yang menyangkut proses adaministrasi keuangan daerah. Sehingga pelaksanaan kegiatan  penatausahaan dan pengelolaan keuangan daerah dapat berjalan secara optimal, utamanya dalam mendukung pelaksanaan kegiatan percepatan pembangunan daerah.

” Selamat datang peserta bimbingan teknis pengelolaan keuangan daerah dan strategi penyusunan pertangungjawaban di lingkungan pemerintah Kabupaten Pelalawan,”ungkapnya.

Harris menambahkan, Melalui bimbingan teknis  pengelolaan keuangan daerah, dapat meningkatkan kinerja yang setidaknya untuk tujuan jangka pendek di mana akan terjadi perubahan opini laporan keuangan pemkab Pelalawan mencapai WTP dan tujuan jangka panjang yakni pengelolaan keuangan lebih efisien, ekonomis, transparan, dan akuntabel. (den)