Taruna Akpol
Taruna Akpol

Pelalawan (SegmenNews.com) – Untuk lebih memperluas informasi dan menjaring keikutsertaan masyarakat luas, Polres Pelalawan melakukan sosialisasi penerimaan taruna Akpol tahun 2014. Sosialisasi dilakukan ke sekolah-sekolah dan pusat keramaian di kabupaten Pelalawan.

”Bagi putra-putri Pelalawan yang ingin menjadi Polisi bisa mendaftarkan diri untuk didik menjadi Taruna Akpol. Pendaftaran dilaksanakan di Mapolda Riau yang dibuka sejak 19 April lalu hingga 25 Mei mendatang,” ujar Kapolres Pelalawan AKBP A Supriadi SIK MH melalui Paur Humas Ipda Edy Haryanto, Senin (28/4).

Dijelaskan Paur Humas, bahwa sesuai telegram Kapolri yang disampaikan kepada Kapolda Riau dan diteruskan ke seluruh Polres untuk disampaikan pada masyarakat. Terkait dibukanya penerimaa Taruna Akademi Kepolisian (AKpol) dengan mencantumkan beberapa persyaratan.
”Kita lakukan sosialisasi ke sekolah dan pasar untuk membagi-bagikan selebaran dan browsur penerimaan Taruna Akpol. Bagi yang berminat dapat langsung mendaftar ke Polda Riau tanpa di pungut biaya alias gratis,” ungkap Edy.

Adapan persyaratan umum dan persyaratan tambahan yang harus dicantumkan yakni sebagai warga negara Indonesia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari instansi kesehatan.

”Tidak sedang terlibat kasus tindak pidana atau pernah dipidana karena melakukan kejahatan yang dibutktikan dengan surat  keterangan catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres masing-masing. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan baik, tidak tercela,”  tegas Edy.

Setelah lulus dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) dengan gaji  sebesar Rp3,6 juta belum termasuk remunerasi dan bersedia ditempatkan di seluruh NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian. Selain itu lanjut Paur Humas persyaratan umum, ada persyaratan lain seperti, bagi yang berusia kurang dari 16 tahun, sampai 17 tahun berlaku ketentuan dengan nilai rata-rata ujian nasional 8.00 atau nilai rata-rata ujian nasional,7,25-799,  harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan Toefl di atas 500.

Sementara bagi yang berusia 17-21 tahun, memiliki nilai rata-rata ujian nasional minimal 7,25. Bagi lulusan tahun 2014 (yang masih kelas III), menggunakan nilai rata-rata rapor A  kelas III semester satu dengan ketentuan, bagi yang berusia kurang dari 17 tahun nilai rat-rata 8. Bagi yang berusia  17-21 tahun nilai rata-rata 7,25.

Kemudian tingg tinggi badan minimal (berat badan seimbang) Pria 163 Cm Wanita 160 Cm serta beberapa persyaratan lain, seperti belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan. Bersedia menjalani ikatan dinas 10 tahun, terhitung mulai saat diangkat menjadi perwira Polri.

 

”Bagi calon pendaftar Taruna Akpol jangan percaya pada pihak manapun yang menawarkan kelulusan dengan membayar sejumlah uang atau imbalan. Termasuk dari anggota kepolisian itu sendiri. Untuk informasi lainnya bisa lihat di  www.penerimaan.polri.go.id atau mendatangi langsung Polres Pelalawan,” tambah mantan Paur SIM Satlantas Polres. (den)