Wabup Siak H Alfedri menyambut Ibu Wamen Kemendikbud Bidang Budaya Pada acara pembukaan Perkemahan kebudayaan Nasional tahun 2014 di Kota Surakarta
Wabup Siak H Alfedri menyambut Ibu Wamen Kemendikbud Bidang Budaya
Pada acara pembukaan Perkemahan kebudayaan Nasional tahun 2014 di Kota Surakarta

Siak (SegmenNews.com)- Wakil Bupati Siak selaku Kakwarcab Gerakan Pramuka Siak H Alfedri menghadiri pembukaan pada tanggal 28 April 2014 di Kawasan Wisata Balai Kambang, Manahan Surakarta, Jawa Tengah, Senin, (28/4/14).

Turut hadir mendampingi Wabup Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab Siak H Kadri Yafis, Sekretaris Kwarcab Siak Mahadar dan sejumlah pengurus kwartir cabang gerakan pramuka Siak.

Kehadiran Kakwarcab Siak beserta pengurus dalam acara kemah Budaya Nasional di Surakarta ini tidak lain untuk melihat secara langsung berjalannya acara pembukaan perkemahan kebudayaan Nasional Tahun 2014.

Menurut Wabub tahun 2015 mendatang untuk pelaksanaan kemah budaya nasional di laksanakan di kabupaten Siak. pihaknya telah melakukan kunjungan ke kantor kemendikbud di Jakarta beberapa waktu yg lalu terkait kabupaten Siak siap untuk pelaksanaan kemah budaya nasional (KBN) tahun 2015 mendatang. untuk masalah anggaran ditanggung oleh pihak Kemendikbud melalui dana APBN dan Kabupaten Siak hanya membantu dari segi transportasi.

Untuk itu kata Wabup, selanjutnya kita akan melakukan pembenahan sarana dan prasarana di lokasi Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara sebagai tempat KBN 2015 mendatang. Selanjutnya nanti tanggal 21 Mei mendatang di Siak akan digelar uji coba kemah Budaya khusus untuk Kabupaten Siak saja dan Insya Allah akan dihadiri oleh ibu Wamen dan Direktur Kebudayaan Kemendikbud.

Tujuan diadakannya Kemah Budaya Nasional adalah sebagai proses persemaian budaya kepada Pramuka dalam upaya menanamkan wawasan kebangsaan, membekali pengetahuan pada Pramuka untuk mengedepankan hidup damai dalam budaya yang beragam, menumbuh kembangkan karakter dan jatidiri yang baik kepada Pramuka.
Pada kesempatan itu Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan, Dr Wiendu Nuryanti mengatakan Terampil Berbudaya, Peduli dan Mandirimenjadi tema Kemah Budaya Nasional kali ini memiliki makna bahwa adanya generasi muda Indonesia yang berkarakter, berbudaya dan beradap merupakan pondasi dan kekuatan yang kuat untuk memperkokoh negara Indonesia.

“Sudah menjadi takdir dan karakter bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk. memiliki keragaman suku bangsa, budaya dan adat istiadat. Meskipun demikian kesejarahan kita telahmembuktikan mampu hidup rukun dan damai,” jelasnya.

Sementara itu, dalam kaitan dengan rangkaian kegiatan Kemah Budaya Nasional digelar permainanpersaudaraan dan temu tokoh budayawan, permainantradisional, kreativitas kerajinan tangan, gelar kesenian, lombakuliner tradisional dan sebagainya.

Peserta dibagi-bagi menjadi beberaparegu dan menetap di dalam kemah. Adapun ruang lingkup kegiatan Kemah Budaya terdiri dari: Kegiatan Pengantar, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Pelengkap. Kegiatan Pengantar dilakukan pada hari pertama yang meliputi Orientasi, Permainan Persaudaraan, yang bertujuan untuk mempererat daya kesatuan para peserta pramuka yang didominasi oleh berbagai suku dan bangsa.

Usai mengikuti pembukaan kemah budaya nasional, sekitar pukul 12.00 WIB Wabup dan rombongan dari Siak menghadiri acara pelantikan Ibu Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan, Dr Wiendu Nuryanti sebagai Majelis Pembimbing Saka Widya Budaya Bakti di Hotel Sahid Kusuma oleh Ka Kwarnas Adiyaksa Daud.

Kemah Budaya Nasional yang diselengarakan hingga 2 Mei 2014 tersebut, diikuti peserta Pramuka tingkat Penggalang berasal dari 34 propinsi.

Setiap propinsi mengirim satu regu dan satu orang pendamping. Khusus Kota Solo sebagai tuan rumah, pesertanya sebanyak 135 orangatau 15 regu, dan dari propinsi Jawa Tengah sebanyak 234 orangatau 26 regu.***(adv/hum/rinto)