Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menyalami peserta Diklat Pra Jabatan CPNS Golongan III usai memberikan ceramah substantif di Siak Sri Indrapura 28 April 2014
Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menyalami peserta Diklat Pra Jabatan CPNS Golongan III usai memberikan ceramah substantif di Siak Sri Indrapura 28 April 2014

Siak (SegmenNews.com)- Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, ingin Aparatur Pegawai Negeri di Kabupaten Siak dari hari-kehari semakin berkualitas dan disiplin. Sebagai orang yang pernah merintis dari jenjang karir paling bawah didunia birokrasi, ia bahkan ingin jajaran PNS yang dipimpinnya mencapai prestasi dan karir yang lebih tinggi dari pencapaiannya saat ini.

“Saya ingin bapak ibu bisa lebih hebat dari saya nantinya. Sebagai orang yang pernah menjalani karir sebagai honorer dan pegawai bawahan, saya akan sangat bangga kalau suatu saat ada staf saya yang lebih tinggi prestasinya dari saya” ujarnya saat memberikan ceramah substantif dihadapan peserta Diklat Pra Jabatan yang ditaja Badan Kepegawaian Kabupaten Siak di Grand Royal Hotel (28/4/14).

Untuk mencapai prestasi tertinggi, menurutnya diperlukan kerja keras, disiplin, dan semangat dalam melaksanakan tugas. Karena itu ia meminta para Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan menjadi Pegawai Negeri Sipil nantinya agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya berkenaan tugas dan kepercaaan yang diberikan pimpinan serta tidak memilah-milih pekerjaan.

Dihadapan 106 CPNS Kategori 1 yang mengikuti Diklat Prajabatan tersebut, Syamsuar juga menjelaskan bahwa untk menjadi CPNS saat ini sangat tidak mudah. Menjadi PNS zaman sekarang menurutnya harus melalui tahapan seleksi ekstra ketat dan terpusat oleh Kementerian Reformasi Birokrasi.

“Menjadi PNS itu nikmat dari tuhan yang mesti disyukuri. Kemarin saya menemui Menpan untuk meminta kuota CPNS Kategori 2 lebih banyak kuotanya. Meskipun tidak semua, Alhamdulillah 30% kuota yang ditetapkan sebelumnya, ternyata lebih dari 70% peserta tes K2 yang lulus,” jelasnya.

Seleksi Kelulusan menurutnya seluruhnya menjadi kewenangan pusat sementara daerah hanya sekedar mengusulkan kebutuhan formasi saja.

Selain bersaing agar lulus dalam rekrutmen, para pegawai negeri juga dihadapkan dalam persaingan kinerja dan prestasi dalam penentuan promosi jabatan. Untuk itu ia meminta pada Peserta Diklat Prajabatan Golongan III ini agar tetap menjaga kebiasaan baik yang didapat selama pendidikan serta tidak ikut-ikutan larut dalam kebiasaan sebagian PNS yang tidak disiplin dan cenderung bermalas-malasan.

“Siapapun pimpinan tentu ingin mendapatkan teamwork yang dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh disiplin. Sebaliknya kalau bekerja tidak profesional melaksanakan tugas sebagaimana digaji maka kita sudah berdosa karena korupsi waktu,” imbuhnya.

Menutup materi ceramahnya, orang nomor satu di Kabupaten Siak ini juga mendorong aparatur pegawai senantiasa meningkatkan kapasitas dan skill melalui program diklat, bimtek dan izin belajar yang bermanfaat bagi pengembangan wawasan dan karir kepegawaian.***(adv/hum/rinto)