Konfrensi pers KPU Riau dan Rokan Hulu
Konfrensi pers KPU Riau dan Rokan Hulu

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Kisruh pelaksanaan pileg 2014 lalu di sejumlah kecamatan di Rohul, berbuntut ancaman pencopotan PPK dan PPK di sejumlah kecamatan. KPUD Rokan Hulu, dalam waktu dekat ini akan melakukan evaluasi sebelum digelarnya Pilpres Juli 2014 mendatang.

Bahkan dengan banyaknya laporan kecurangan terjadi pada Pileg 9 April 2014 lalu di sejumlah kecamatan, selain ancaman pencopotan sejumlah PPS dan PPK, dalam waktu dekat ini pula, KPU Rohul segera lakukan evaluasi bagi PPS dan PPK di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Pendalian IV Koto, Bonai Darusalam serta di Tambusai Utara.

“Untuk evaluasi PPK dan PPS, nantinya dilakukan sebelum digelarnya Pilpres 2014 mendatang, perekrutan PPS dan PPK, nantinya akan dilaksanakan juga sebelum Pilpres dan dilakukan secara ketat, selain itu diumumkan secara terbuka melalui media cetak dan elektronik,”tegas Ketua KPU Rohul, Fahrizal, Rabu (30/4/2014).

Kata Fahrizal lagi, dimana PPS dan PPK yang bersamalah di 3 kecamatan, direkomonasikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Rohuluntuk di rekapitulasi ulang. Di tiga kecamatan itu PPS dan PPK bersamalah, didasari pelaskanaan pileg 2014 yang banyak menuai kritikan baik dari sejumlah parpol juga panwaslu. Sedangkan anggota kpps yang sifatnya ad hock bermasalah, nantinya akan di lakukan oleh PPS setempat.

” Saya meminta, agar PPS untuk dapat melakukan evaluasi juga seleksi ketat, dalam perekrutan anggota KPPS. KPU sendiri nantinya akan berikan bimtek terhadap seluruh anggota KPPS dan PPK sehingga tidak lagi ditemukan pelanggaran saat pelaksanaan pilpres 2014 mendatang,” tegas Fahrizal.***(r4n)