Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi memasuki lokasi acara Musrenbangnas 2014 yang dibuka Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono di Hotel Bidakara Jakarta, 30 April 2014
Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi memasuki lokasi acara Musrenbangnas 2014 yang dibuka Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono di Hotel Bidakara Jakarta, 30 April 2014

Siak (SegmenNews.com)- Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Siak menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Murenbangnas) tahun 2014 di hotel Bidakara Jakarta (30/4/2014).

Rapat akbar tahunan yang membicarakan agenda dan program pembangunan setahun kedepan ini dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Presiden SBY dalam kesempatan tersebut memberikan arahan dan membuka secara resmi Musrenbangnas 2014. Sebelumnya Bupati Siak, para Gubernur serta Bupati/Walikota undangan lainnya mendengarkan paparan mengenai rancangan RKP 2015 yang dilaporkan oleh Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan buku “Pencapaian Kinerja Pembangunan Kabinet Indonesia Bersatu I (2004-2009) dan KIB II (2009-2014). Siang harinya, Musrenbangnas juga menyajikan sidang pleno I yang membahas empat tema. Pertama, terkait rencana dan kebijakan pembangunan di 2015 oleh Kepala Bappenas.

Kedua, penguatan pemerintahan daerah dalam mendukung pembangunan 2015 oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi. Ketiga, kebijakan fiskal dan kualitas pelaksanaan anggaran 2015 dari Menteri Keuangan Chatib Basri dan keempat, pengendalian inflasi daerah dari Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo.

Pada sesi berikutnya juga dilaksanakan sidang pleno II yang menyuguhkan dialog interaktif dengan menghadirkan para direktur utama (Dirut) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan tema “Breakthrough : Solusi Percepatan Pembangunan Infrastruktur”.

Para pejabat perusahaan pelat merah itu, antara lain Dirut PT Pelindo II (Persero) RJ Lino, Dirut PT Angkasa Pura I (Persero) Tommy Soetomo, Dirut PT Jasa Marga Tbk Adityawarman, Dirut PT PLN (Persero) Nur Pamudji, Dirut PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Gatot M Suwono dan Kepala BPN Hendarman Supandji.

Dalam sesi terakhir, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Azwar Abubakar juga turut memberi penghargaan inovasi pelayanan publik selain dilaksanakannya peluncuran buku “Peta Jalan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Bidang Ketenagakerjaan” oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

Di akhir acara, Musrenbangnas 2014 ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden Boediono.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Siak yang memprioritaskan fokus pembangunan pada bidang infrastruktur ini telah melaksanakan Musrenbang RKPD 2014 tingkat Kabupaten Siak yang berlangsung di Hotel Grand Mempura, Siak Sri Indrapura, Rabu (19/3/2014).

Dalam kegiatan tersebut hadir Sekretaris Bappeda Riau, para unsur pimpinan daerah, legislatif, BUMD, dan lainnya. Setelah itu, Pemkab Siak turut menjadi peserta dalam kegiatan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Provinsi Riau, di Hotel Labersa, Kampar, Selasa (22/4/2014).

Dalam kegiatan ini Gubernur Riau, H Annas Maamun menyerahkan penghargaan Anugerah Bina Perencanaan Riau 2014 kepada Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi atas pencapaian Kabupaten dengan perencanaan pembangunan terbaik di Provinsi Riau.***(advertorial)