Kepala BPBD Rohul, menerima penghargaan terbaik ke 3 Nasional,  kategori pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana, dari BNPB Pusat, diserahkan Bupati Achmad. (foto: SegmenNews.com)
Kepala BPBD Rohul, menerima penghargaan terbaik ke 3 Nasional, kategori pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana, dari BNPB Pusat, diserahkan Bupati Achmad. (foto: SegmenNews.com)

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohul mendapat penghargaan terbaik ke III Nasional dalam kategori pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana dan mendapatkan bantuan 1 unit mobil dapur lapangan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Rohul Komplek Pemda Rohul Kota Pasir Pangaraian, Jumat (2/5/14), langsung diberikan Bupati Rohul Drs. Achmad, MSi kepada Kepala BPBD Rohul Aceng Herdiana, ST, MM.

Sedangkan pengahargaan dan mobil tersebut diterima Pemkab Rohul dari Kepala BNPB Dr. Syamsul Maarif, MSi pada Tanggal 10 Maret 1014 lalu.

Disampaikan, Bupati Rohul, pemkab Rohul komit dalam upaya-upaya pencegahan terhadap bencana baik kebakaran hutan, banjir dan lainnya, seluruh personil sudah siap siaga untuk mengahadapinya.

Langkah strategis dilakukan Pemkab Rohul yakni melakukan keterpaduan dari semua aspek untuk sama-sama sadar dampak dan bahaya jika terjadi bencan, termasuk di segi institusi dan kelembagaan sudah tertata dengan baik.

“Sehinggga terjadi bencana asap kemarian, kita di Rohul zero hospot, ini langkah dalam managemen potensi-potensi bencana serta terbinanya interaksi sosial sehingga ada kesadaran masyarakat terhadap dampaknya,” ujarnya.

Ketika ditanya kesiapan Pemkab Rohul dalam mengahadapi bencana kemarau untuk masa-masa yang datang sebab berpotensi terjadi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), Bupati menjawab akan melakukan antisipatif, memtakan tempat-tempat yang rawan kebakaran, menyediakan peralatan, kekaran.

“Kita berharap masyarakat sadar, karena api kecil akan kawan tapi jika sudah membesar akan menjadi lawan,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala BPBD Rohul mengatakan, memang Rohul mendapat peringkat ke III Nasional, tapi prestasi berkat adanya arahan dan bimbingan Bupati Rohul, kemudian ada kerjasa kolektif antara Polri, TNI, Tagana, Tim Reaksi Cepat (TRC) Rohul.

“Ini terwujud dengan adanya komunikasi konstruktif, memang bencana tidak bisa dihindarkan, tapi kita mencoba untuk meminimalisir resikonya,” tambah Aceng.***(adv/hum/r4n)