kemenagRokan Hulu (SegmenNews.com)- Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, buka secara resmi pra manasik haji tingkat Kecamatan se Rohul di Kec Rambah Hilir, Selasa (6/5/2014) bertempat di Masjid Besar Nurul Huda Muara Rumbai Kec Rambah Hilir.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Rambah Hilir Lukman Badoe SSTIP, Kepala KUA H Ahmadi SHI, Ketua IPHI H Muhammad Isa, Mursyid Thariqat Naqsabandiyah Khalifah H Wan Nurdin, para Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, para JCH, dan umat Islam lainnya.

Ahmad Supardi Hasibuan, dalam sambutan pengarahannya menyatakan, bahwa animo masyarakat Rohul untuk menunaikan ibadah haji, dari tahun ke tahun, semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan tingginya angka antri JCH Rohul saat ini, yaitu 5.000 orang.

Para JCH antri ini akan dapat diberangkatkan dalam kurun waktu 14 tahun ke depan. Artinya, jika ada saudara kita mendaftar haji hari ini, maka yang bersangkutan baru dapat diberangkatkan menunaikan ibadah haji pada tahun 2028 yang akan datang.

Ahmad Supardi berharap agar para JCH dapat mengikuti manasik haji ini dengan sebaik-baiknya, sebab belajar manasik haji hukumnya adalah wajib bagi yang akan menunaikan ibadah haji, sebab ibadah haji dapat dilakukan, tatkala yang bersangkutan telah menguasai ilmu manasik haji.

Hal ini sesuai dengan Kaidah Hukum Islam yang menyatakan : Ma La Yatimmu al-Wajib illa bihi fahua Wajib. Artinya, sesuatu kewajiban yang tidak dapat dilaksanakan tanpa mengetahui sesuatu terlebih dahulu, maka mengetahui sesuatu itu hukumnya adalah wajib, jelas Ahmad Supardi.

Camat Rambah Hilir Lukman Badoe SSTIP dalam sambutannya mengharapkan agar semua JCH dapat menjaga kesehatan, sebab ibadah haji itu adalah ibadah fisik, sehingga untuk melaksanakannya diperlukan kesehatan yang prima. Untuk itu harus banyak makan makanan yang bergizi dan menjaga pola makan.

Ketua IPHI Rambah Hilir H Muhammad Isa mengharapkan agar semua JCH dapat mematuhi ketentuan yang berlaku, baik ketentuan agama tentang ibadah haji, maupun ketentuan Negara RI dan termasuk Arab Saudi, sehingga tercapai Haji Mabrur, yang oleh Nabi disebutkan : Haji mabrur tidak ada balasannya kecuali syurga.***(Ash)