mersPekanbaru (SegmenNews.com)- Mengejutkan, tiga warga Pekanbaru diduga terserang virus MERS-Cov yang saat ini tengah mewabah di Timur Tengah.

Saat ini, dua diantaranya dirawat di RSUD Arifin Achmad dan satu lagi dirawat di RS Awal Bros. Belum diketahui secara pasti apakah ketiga warga tersebut memang terkena wabah virus MERS-Cov atau tidak. Karena saat ini masih dilakukan suspeck. Saat ini tim medis tengah melakukan karantina dan pemeriksaan secara khusus.

“Kita belum bisa pastikan itu positif dari Virus MERS-Cov, namun saat ini tengah dilakukan uji sampel darah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin, Rabu (7/5/2014) dilansir Goriau.com.

Virus MERS-Cov yang saat ini sedang mewabah diduga berasal dari Timur Tengah dan sejauh ini belum ada obat atau vaksin yang tepat untuk mengobati pasien maupun memutuskan mata rantai penyebarannya.

Karena orang yang paling rentan terserang virus MERS-Cov adalah mereka yang melakukan perjalanan ke timur Tengah atau menjalankan ibadah haji maupun umroh, jadi saat kembali ke Maluku perlu diawasi kondisi kesehatannya.

Seseorang yang sudah terinveksi virus MERS-Cov bisa diketahui dari demam atau gangguan pernapasan bagian bawah berupa batuk dan sesak napas yang berlanjut selama dua minggu. Apalagi kalau penderita diketahui baru selesai melakukan perjalanan dari Timur Tengah, maka yang bersangkutan disarankan diperiksa ke dokter.

MERS atau sindrom pernapasan Timur Tengah adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus korona MERS atau disebut dengan istilah MERS-Cov dan korban pertama kali yang terjangkiti pada 2012 di Arab Saudi.

Virus ini berbeda dengan virus korona lainnya yang telah ditemukan sebelumnya dan berbeda dengan penyebab Sindrom Pernapasan Akut Berat (SARS), tetapi mirip dengan virus korona yang terdapat pada kelelawar.***(lis)