Pemain Real Madrid (REUTERS/Michael Dalder)
Pemain Real Madrid (REUTERS/Michael Dalder)

SegmenNews.com– Tidak bisa dipungkiri, Real Madrid adalah salah satu klub sepakbola paling terkenal di dunia saat ini. Namun, ada sejumlah fakta menarik dari Los Blancos yang jarang terungkap. Fakta Madrid apa saja yang jarang terungkap?

Berikut ini adalah 6 fakta jarang terungkap Madrid seperti dikutip dari The Inverted Winger:

1. Presiden dari Katalan

Meski punya rivalitas yang tinggi dengan Barcelona, namun dua presiden resmi pertama Madrid berasal dari Katalan. Juan Padros merupakan presiden pertama El Real mulai 1902 hingga 1904, sebelum akhirnya digantikan sang adik, Carles Padros, pada 1904 hingga 1908.

2. “Real” pemberian Raja Spanyol

Los Blancos terus menggunakan nama Madrid FC hingga 1920, sebelum akhirnya mendapat berganti menjadi Real Madrid FC pada 1920. Pergantian nama itu dilakukan setelah Raja Alfonso ke-13 memberi status “Royal” kepada Madrid. “Real” merupakan bahasa Spanyol untuk “Royal”.

Namun, pada 1931, Madrid harus mencopot “Real” dari nama depan klub menyusul pergantian pemerintahan Spanyol yang dipimpin Jenderal Francisco Franco dan Emilio Mola. Madrid kembali menggunakan “Real” pada 1939.

3. La Fabrica

Madrid dikenal punya akademi sepakbola terbaik. Cantera Madrid yang saat ini dikenal sebagai La Fabrica, kali pertama dibentuk di bawah kepemimpinan Presiden Santiago Bernabeu pada 1950.

4. Konsisten Terkaya

Meski terus membeli pemain hebat dan memecahkan rekor pembelian pemain, Madrid tetap mampu mempertahankan statusnya sebagai klub sepakbola terkaya di dunia. Dalam daftar Deloitte Football Money League, Madrid tercatat sebagai klub paling kaya dalam sembilan tahun terakhir.

5. La Quinta del Buitre

Madrid memiliki salah satu tim terbaik di Spanyol dan Eropa pada era 1980an. Tim itu diberi nama La Quinta del Buitre, yang mengandalkan lima pemain asli Madrid, yakni Emilio Butragueno, Manuel Sanchís, Martin Vazquez, Michel dan Miguel Pardeza.

Di era La Quinta del Buitre, Madrid berhasil memenangi dua gelar Piala UEFA, lima gelar La Liga, satu Copa del Rey dan tiga Piala Super Spanyol. Nama La Quinta del Buitre diberikan oleh salah satu jurnalis sepakbola ternama Spanyol, Julio Cesar Iglesias.

6. Pemain Termahal

Madrid dikenal gemar memecahkan rekor transfer pemain, mulai dari Luis Figo, Zinedine Zidane, Ricardo Kaka, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale. Tapi, tahukah Anda pemain termahal yang pernah dijual Madrid?

Jawabannya adalah Robinho, ketika dibeli Manchester City dengan transfer €42,5 juta (setara Rp675 miliar). Transfer itu sempat menjadi rekor Premier League, sebelum akhirnya Chelsea membeli Fernando Torres dari Liverpool pada 2011.***

 

Red: Sondri
sumber: © VIVAbola