Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Sehubungan dengan semakin dekatnya pelaksanaan Ibadah Haji musim haji 2014 M/1435 H, maka akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan tahap pertama, bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Kab Rohul, pada tanggal 12 Mei hingga 16 Juni 2014, bertempat di Puskesmas Kecamatan se Rohul.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Elfalisman SAg, kepada wartawan, dikantornya, Jalan Ikhlas Kompeleks Perkantoran Pemerintah, Kota Pasir Pengaraian, Senin (12/5/2014).

Ahmad Supardi menyatakan, kepastian waktu pemeriksaan kesehatan tersebut, didapatkan berdasarkan surat dari Kepala Dinas Kesehatan Rohul Cq Sekretaris Drg Griffino Dahlihardy, tanggal 8 Mei 2014 Nomor : 441/Diskes/495 tentang Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan JCH Tahap I Puskesmas Tahun 2014 M/1435 H.

Ahmad Supardi lebih lanjut menyatakan, pemeriksaan kesehatan ini adalah bahagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan penyelenggaraan iabadah haji. Oleh karena itu, semua JCH diwajibkan untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan tersebut, yang akan dilaksanakan dua tahap.

Pada tahap pertama, dilaksanakan pada tanggal 12 Mei s/d 16 Juni 2014 yang akan datang, bertempat di masing-masing Puskesmas Kecamatan. Sedangkan pemeriksaan tahap kedua, akan dilaksanakan nanti menjelang keberangkatan ke Arab Saudi, yang waktunya akan ditentukan kemudian, bertempat di RSUD Pasir Pengaraian.

Adapun besaran biaya pemeriksaan, sebagaimana disebutkan oleh Sekretaris Dinkes Rohul Drg Griffino Dahlihardy adalah Rp 50.000,- untuk uji kesehatan dan Rp 7.000,- per item pemeriksaan. Besaran bayaran tersebut ditetapkan berdasarkan PERDA Rohul Nomor 10 Tahun 2013 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan di Puskesmas.***(acce/rls)