cevPekanbaru (SegmenNews.com)- SKK Migas-PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) kembali mengadakan program Kompetisi Cerdas Cermat Chevron (KC3). Acara yang berlangsung pada 15-20 Mei 2014 di Chevron Duri Camp yang diikuti oleh siswa-siswi berprestasi di empat kabupaten Provinsi Riau yaitu Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Siak.

KC3 merupakan salah satu program investasi sosial yang diusung SKKMigas-Chevron khususnya dalam bidang pendidikan. Program unggulan ini diharapkan dapat memacu semangat belajar dan kompetisi siswa-siswi khususnya di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Antusiasme para peserta dari 4 kabupaten dalam mengikuti KC3 terlihat dari meningkatnya jumlah peserta dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2014 jumlah peserta 40 sekolah, sedangkan tahun 2013 lalu diikuti 32 sekolah dan tahun 2012 sebanyak 22 sekolah. Masing-masing sekolah terdiri dari 2 (dua) orang siswa dan 1 (satu) orang guru sebagai pendamping. Selain kompetisi cerdas cermat, para peserta juga berkesempatan untuk mengikuti lomba menulis esai dengan tema dunia pendidikan. Tiga orang finalis lomba esai ini akan diwawancarai oleh dewan juri untuk menentukan pemenang.

Acara yang berlangsung selama 6 (enam) hari dimulai dengan mendengarkan briefing keselamatan dan pengenalan terhadap Chevron Corporation serta wilayah operasinya di Indonesia.

“Program KC3 ini sangat bermanfaat karena menyediakan berbagai workshop untuk para guru dan siswa sehingga dapat menambah wawasan mereka mengenai industri migas antara lain; engineering workshop, cara berkendara yang aman, seminar HIV-AIDS dan anti drug awareness, training motivasi, team building dan pelatihan cara mengelola sampah rumah tangga menjadi produk daur ulang yang memiliki nilai ekonomis tinggi,” kata Manager PGPA Duri-Bekasap, Iwan Azof.

“Melalui ajang ini para putra-putri terbaik Riau dapat membantu mensejahterakan daerahnya masing-masing dan bisa membangun provinsi ini lebih baik lagi,” pungkas Iwan.

Program yang sudah berlangsung selama 3 (tiga) tahun berturut-turut terlaksana berkat kerjasama internal yang solid antar tim seperti PGPA, SLO, HO, Horizon, FM North, Medical yang didukung juga oleh Persatuan Ibu-Ibu Chevron Duri (PIICD) serta peran besar dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan di masing-masing kecamatan dan kabupaten. UPTD membantu perusahaan dalam memilih sekolah peserta lomba berdasarkan kriteria yang diberikan.

Melalui program pendidikan seperti: KC3, Darmasiswa Chevron Riau (DCR), Cooperative Student (Coop) dan program investasi sosial lainnya perusahaan berupaya untuk terus memberikan manfaat kepada masyarakat di daerah sekitar operasi Chevron.**(chir)