3gRokan Hulu (SegmenNews.com)-Dalam rangka mengisi formasi guru tidak tetap (GTT) Pendidikan Diniyah Takmiliyah Wustha (PDTW) dan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Ulya (PDTU) pada 16 SMP dan 2 SMU se Rohul. Hari ini, Jum’at (16/5/14) merupakan Tes wawancara yang di mulai dari kemarin tanggal 15 Mei.
Tes tersebut diikuti oleh 347 calon guru PDTW dan PDTU dilaksanakan di Hall Convention Centre (HCC) Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Kota Pasir Pengaraian dihadiri oleh Kakan Kemenag Rohul, yang juga Wakil Ketua Tim Seleksi Penerimaan Calon guru PDTW dan PDTU, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, didampingi pejabat dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rohul H Abi Zar

Kata Ahmad Supardi, kebutuhan akan guru PDTW dan PDTU tahun ini adalah sebanyak 237 orang. Jadi peserta tes yang ada sekarang ini akan disaring, untuk mendapatkan calon guru yang terbaik dari 347 orang tersebut, sehingga dengan demikian diharapkan terjaring guru yang berkualitas dan professional.

Untuk memenuhi maksud tersebut, pihak panitia mendatangkan pakar di bidangnya yaitu dosen senior dari UIN Suska Riau, untuk melakukan wawancara, yaitu Prof Dr H Alaiddin Koto MA, Dr H Mawardi M Soleh Lc MA, Dr H Samruddin Nasution MA, H Abdul Somad Lc MA, dan H Nurhadi Husein Lc MA.

Kelima nara sumber ini akan melakukan wawancara dengan para calon guru PDTW dan PDTU dalam berbagai hal, antara lain baca Alquran, menulis Arab, pengetahuan agama secara umum, kepribadaian dan komitmen sebagai seorang guru, serta penguasaan materi ataupun kompetensi materi yang akan diajarkan.

Ahmad Supardi Hasibuan menyatakan bahwa tes ini betul-betul tes, yang dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidangnya, sehingga diharapkan dapat menghindari kecurangan-kecurangan yang akan terjadi, sebagaimana dipesankan oleh Bupati Rohul Drs H Achmad MSi, agar tesnya bersih dari KKN dan tidak ada pungutan biaya.

Bupati Rohul juga berharap agar dari tes ini akan didapatkan guru PDTW dan PDTU yang berkualitas, yang memiliki integritas moral yang tinggi, dan mampu mengajarkan mata pelajaran yang diembannya, sehingga dapat melahirkan anak didik yang memiliki kualitas, integritas, karakter, dan kepribadian mulia.

H Abi Zar menyatakan, 237 calon guru PDTW dan PDTU tersebut akan mengisi formasi guru Alquran-Hadits, Aqidah-Akhlaq, Fiqh Islam, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab, untuk 16 SMPN 1 Kecamatan se Rohul, ditambah dengan SMU 1 Pasir Pengaraian dan SMU 1 Ujungbatu.***(acce/rls)