10305432_522523111203453_5280280469391149012_nRokan Hulu (SegmenNews.com)- Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, rayakan Israk Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW 1435 H/2014 M, bersama umat Islam Desa Air Panas Kec Pendalian IV Koto, Jumat (16/5/2014) bertempat di Masjid Nurul Iman Desa Air Panas.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Air Panas Sudiono SIP, Kepala KUA Pendalian IV Koto Firdaus MSy, Ketua RW, Ketua RT, Pengurus dan Imam Masjid, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, ratusan anggota majelis taklim se Desa Air Panas, dan umat Islam lainnya.

Ahmad Supardi menyatakan, setiap kita berada dalam bulan Rajab, umat Islam dimana sajapun berada, baik di pertkotaan maupun di perdesaan, baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat, senantiasa melaksakan peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW.

Hal ini adalah sebuah tradisi yang baik, yang harus dilestarikan oleh umat Islam, sehingga setiap bulan Rajab umat Islam mengevaluasi tentang pelaksanaan ibadah sholatnya kepada Allah SWT, sebab sholat adalah oleh-oleh utama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW ketika melaksanakan Israk Mikraj.

Ahmad Supardi menyatakan bahwa banyak hal yang dapat dipetik dari peringatan Israk Mikraj, namun demikian, setidaknya umat Islam melakukan tiga hal penting, sebagai bahagian yang tidak terpisahkan dan sekaligus manfaat utama dari peringatan Israk Mikraj.

Pertama, Mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah sholat, sebab sholat adalah hasil dari Israk Mikraj dan memegang peranan penting dalam agama. Hal ini sesuai hadits Nabi : “Yang pertama sekali dihisab pada hari qiamat adalah sholat. Jika sholatnya baik maka seluruh amalnya dinilai baik. Tetapi jika sholatnya rusak, maka seluruh amalnya dinilai rusak”.

Kedua, Bayarkan zakat, wakaf, infaq, dan shodaqah, sebab dalam perjalanan Israk, Nabi melihat sekolompok manusia yang menanam tumbuhan saat itu dan memanen saat itu juga. Ketika Nabi bertanya pada Jibril, beliau menjawab bahwa itu adalah tamtsil umat Muhammad yang membelanjakan hartanya di Jalan Allah.

Ketiga, jangan lupa membaca ayat suci Alquran dan belajar hadits Nabi Muhammad SAW setiap saat, sebab Nabi bersabda : “Saya tinggalkan kepada kamu dua hal, kamu tidak akan tersesat selama berpegang dengan keduanya, yaitu Kitab Allah (Alquran) dan Sunnah RasulNya (Al-Hadits).***(Ash)