pjuDumai (SegmenNews.com) – Tahun ini, Pemerintah Kota Dumai akan melakukan perluasan jaringan penerangan jalan umum (PJU) pada tujuh kecamatan di wilayah itu dengan total anggaran Rp9,1 miliar.

Kepala Dinas Tatakota, Pertamanan dan Kebersihan (DTKP) Kota Dumai Zulfa Indra menjelaskan, rencana menambah pemasangan jaringan PJU itu merupakan usulan masyarakat dari hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan.

“Penambahan jaringan baru tersebut akan dilaksanakan di wilayah yang belum tersentuh lampu penerangan jalan dan sebagai bentuk pelayanan pemerintah terhadap kebutuhan publik,” katanya

Dijelaskannya pembangunan PJU akan dilaksanakan pada tujuh kecamatan yaitu Dumai Timur senilai Rp2,5 miliar yang berada di 8 lokasi kelurahan, kemudian Dumai Barat sekitar Rp631 juta di 9 lokasi kelurahan.

Lalu Dumai Kota dengan anggaran sebesar Rp532 juta untuk pembangunan di 6 lokasi kelurahan, Dumai Selatan senilai Rp891 juta pada 9 lokasi kelurahan dan Bukit Kapur sebesar Rp1 miliar pada 14 lokasi kelurahan.

“Pembangunan JPU, juga akan dilakukan pada dua kecamatan pinggiran Dumai yaitu Medang Kampai dengan anggaran sebesar Rp2,7 miliar untuk di 8 lokasi dan Kecamatan Sungai Sembilan senilai Rp791 juta di 9 lokasi,” terangnya.

Menurut dia pembangunan lampu penerangan jalan tersebut terdiri dari pengadaan jaringan tegangan rendah di kawasan jalan lingkungan dan sambungan listrik ke rumah penduduk yang belum tersentuh jaringan.

“Perluasan jaringan PJU itu nantinya, akan dilengkapi dengan meterisasi atau alat pengukur penggunaan daya listrik,” ujarnya.

Pada tahun 2013, Pemkot Dumai sudah mendirikan PJU pada 573 lokasi kelurahan dengan 114 titik yang sudah dipasangi alat meterisasi yang diminta dari partisipasi warga setempat untuk menjaga dan mengawasi bersama.

Program perluasan PJU dan jaringan listrik itu diharapkan dapat memenuhi hak penerangan bagi masyarakat di seluruh wilayah dan demi terciptanya kondisi aman dan kondusif di lingkungan.***
Red:Sondri
Sumber : antara