4iRokan Hulu (SegmenNews.com)- Tor-Tor Mandailing menghiasi acara perpisahan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Dalu-Dalu Kec Tambusai antara siswa/i kelas IX dengan Majelis Guru dan siswa/i kelas VIII dan VII, yang ditampilkan anak-anak MTsN Dalu-Dalu, Senin (19/5/2014) bertempat di kampus MTsN Dalu-Dalu.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Tambusai yang diwakili oleh Sekretaris Camat, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Ketua Komite Madrasah, Kepala MTsN Dalu-Dalu Drs Muslim beserta staf dan majelis guru, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan orangtua wali murid.

Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menyampaikan pujian atas kreatifitas para siswa, yang dapat menampilkan dengan baik, Tor-Tor Mandailing yang adalah kebudayaan daerah yang berasal dari Sumatera Utara. Penampilan tersebut tidak kalah apiknya dengan Tor-Tor yang dilaksanakan di tempat asalnya, Sumatera Utara.

Ahmad Supardi Hasibuan, yang juga ikut menortor, menyatakan bahwa Tor-Tor ini adalah tarian yang sangat produktif, sebab satu-satunya tarian yang langsung dapat menghasilkan uang adalah Tor-Tor, sedangkan tarian lainnya tidak langsung menghasilkan uang. Tercatat saat Tor-Tor dilaksanakan, terkumpul dana sumbangan sekitar 5 juta rupiah.

Ahmad Supardi menyampaikan 5 pesan khusus bagi seluruh alumni madrasah dimana sajapun berada, yaitu agar bersyukur dapat belajar di madrasah; melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi; Jangan cepat-cepat berfikir untuk menikah; Meningkatkan kreatifitas, dan jangan melupakan jasa guru dan orang tua.

Jika kelima pesan penting ini dilaksanakan, maka insya Allah anak-anak MTsN Dalu-Dalu ini akan dapat mengukir sejarah dan meraih prestasi gemilang dimasa-masa mendatang. Rohul ini sudah ditakdirkan menjadi negeri seribu suluk, maka peran alumni madrasah termasuk pondok pesantren sangat dibutuhkan, tegas Ahmad Supardi.

Kepala MTsN Dalu-Dalu Drs Muslim melaporkan bahwa siswa/i yang tamat tahun ini sebanyak 104 orang. Diharapkan bisa lulus 100 persen, sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sekretaris Camat Tambusai, menyatakan bahwa animo masyarakat untuk masuk MTsN Dalu-Dalu ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Saya berharap agar masyarakat jangan ragu untuk menyekolahkan anaknya ke sini, sebab saya sendiri menyekolahkan anak-anak saya di MTsN ini.***(acce)