Foto Bersama Usai menerima Piala Penghargaan Juara ke II Lomba BBGRM tingkat Nasional di Jakarta
Foto Bersama Usai menerima Piala Penghargaan Juara ke II Lomba BBGRM tingkat Nasional di Jakarta

Siak (SegmenNews.com)- Untuk kesekian kali, Kabupaten Siak kembali menorehkan prestasi ditingkat nasional. Sempena puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 42 tingkat nasional kemarin di Jakarta (22/5/2014), Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyerahkan plakat penghargaan kepada Bupati Siak Drs.H.Syamsuar M.Si.

Predikat juara dua nasional untuk kategori Desa Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat diberikan kepada Desa Seminai Kabupaten Siak untuk tingkat nasional, predikat tersebut diberikan berdasarkan penilaian tim Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Dalam Negeri yang turun ke Desa Seminai Kecamatan Kerinci Kanan beberapa waktu lalu. Sebagai satu-satunya perwakilan untuk kategori desa dari Provinsi Riau, prestasi yang berhasil diraih Kabupaten Siak tersebut sekaligus juga melambungkan nama Riau ditingkat nasional.

Usai menerima penghargaan, Bupati Siak yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj.Misnarni Syamsuar mengaku bangga dengan hasil menggembirakan tersebut.” Penghargaan ini saya harapkan dapat memberikan motivasi bagi desa-desa lain untuk mengikuti keberhasilan yang diraih Desa Seminai. Momentum ini juga membuat jajaran Pemerintah daerah maupun pemerintah kecamatan dan desa bersama masyarakat untuk senantiasa memelihara semangat gotong royong ditengah masyarakat” jelasnya. Orang nomor satu di Kabupaten Siak ini juga berharap tingkat partisipasi masyarakat di desa-desa akan semakin membaik dalam hal mengejar ketertinggalan pembangunan dari desa-desa yang telah maju saat ini.
Hal senada juga disampaikan Kepala BPMPD Kabupaten Siak, Abdul Razak juga berharap prestasi Desa Seminai dapat memotivasi desa-desa lain untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan serupa tahun depan. “Desa yang sudah meraih juara sesuai aturan tidak diikutsertakan kembali tahun depan, jadi desa-desa yang lain diharapkan untuk dapat bersiap-siap mewakili Kabupaten Siak di ajang lomba desa sempena BBGRM tahun mendatang” ujarnya.

Disatukannya pelaksanaan BBGRM dan HKG tingkat nasional tahun ini, dikatakan Mendagri Gamawan Fauzi sengaja dilaksanakan bersamaan mengingat keduanya merupakan dua hal penting yang satu sama lain sama-sama penting tidak terpisahkan. “Jangan hanya sekedar seremonial diulang2, tapi pelaksanaan kegiatan ini bermakna kita harus mampu menjadi pemersatu nilai gotong royong dlm keluarga, jangan menjadi orang Indonesia yang berkepribadian asing”ujarnya.

Tampak hadir mendampingi Bupati dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua TP PKK Kabuapten Siak Hj Rasyidah Alfedri, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Siak Hj Rahimawati Hamzah, Camat Kerinci Kanan Zainal Abidin SSTP, MSi, dan Kepala Desa Seminai Abdul Salam. Rangkaian acara dilaksanakan selama 4 hari dengan agenda pameran produk kerajinan PKK, Sosialisasi UU Desa, dan ditutup kegiatan puncak peringatan BBGRM dan HKG PKK ke 42 di halaman kantor Ditjen PMD Jakarta.***(rinto)