marwan ibrahimPelalawan (SegmenNews.com)- Dalam rangka mempercepat akselerasi proses pembangunan khususnya pembangunan desa/kelurahan, dalam upaya mempercepat tercapainya kesejahteraan masyarakat, pemerintah berkomitmen melaksanakan berbagai kegiatan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarkat.

Untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, serta untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan desa dengan melihat pada orisinalitas gagasan, kreativitas, aktifitas, upaya penguatan kelembagaan dan peningkatan motivasi serta semangat swadaya gotong royong masyarakat.

Lomba desa yang di jadikan satu dengan penilaian lomba 10 program PKK terbaik tingkat kabupaten ini didasarkan pada peraturan Menteri dalam Negeri No. 13 Tahun 2007 tentang perlombaan Desa dengan Indikator penilaian perlombaan desa tahun 2013 meliputi indikator pendidikan, indikator kesehatan masyarakat, indikator Ekonomi masyarakat, indikator keamanan dan ketertiban, indikator partisipasi masyarakat, indikator pemerintahan Desa dan kelurahan, indikator Lembaga kemasyarakatan , indikator Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Acara penilaian lomba desa terbaik tingkat Propinsi Riau di Kabupaten Pelalawan dihadiri Wakil Bupati Drs H Marwan Ibrahim, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Zamhur, Tim penilai lomba desa dari provinsi Andry Rinaldi SSos Msi, Junaidi SPT Msi.

Staf BPM Bangdes Taufik Hidayat SE Msi , Azwar Msd , Drs Said ismed, Yuli Defila SKM, RUI mares STTP, Yorin SSTP, Amir Hasan, Hj Nurmi SMak , Arlisman agus. Disamping itu juga Tim penggerak PKK Kabupaten Pelalawan Ratna Mainar Harris,
Camat Ukui Basarudin beserta kepala desa yg berada di Ukui

Saat sambutan Wakil Bupati Pelalawan Drs H Marwan Ibrahim mengatakan, peranan desa, desa sebagai pemegang peran yang sangat vital dalam konteks pembangunan nasional dan daerah, sebagai organisasi pemerintahan yang paling bawah dan bersentuhan langsung dengan rakyat, desa ibarat akar yang melekat pada pohon besar dan sangat menentukan tegak tumbangnya Pohon tersebut.

Program pemberdayaan masyarakat menuju terwujudnya masyarakat yang berdaya dan mandiri saat ini lebih diarahkan pada pemberdayaan masyarakat desa dan peme
rintah telah menggariskan berbagai kebijakan yang tertuang dalam berbagi program kegiatan pemberdayaan, baik program yang sifatnya fisik maupun program yang bersifat motivatif , seperti halnya pelaksanaan lomba desa yang terselenggara.

Marwan juga mengatakan, lomba desa secara dimaksudkan untuk menilai tingkat keberhasilan pembangunan desa dalam kurun waktu tertentu. Ini sebagai bentuk keseriusan Pemkab Pelalawan melaksanakan pembangunan di desa karena keberhasilan pembangunan daerah di tingkat nasional sangat ditentukan oleh keberhasilan pembangunan di pedesaan karena sebagian besar masyarakat Indonesia berada di pedesaan.

Kemajuan pembangunan dalam kehidupan ini tidak dapat diraih dengan mudah tanpa perjuangan dan pengorbanan. Lebih lanjut disampaikan lomba desa ini bukan sekedar ajang beradu gengsi antar desa, namun untuk mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan pembenahan-pembenahan yang harus dilakukan di masa mendatang. Disamping itu lomba juga sebagai media untuk mengasah kreativitas, menumbuhkan rasa memiliki dan kepedulian terhadap kemajuan desa masing-masing sehingga muncul rasa bangga sebagai warga desa.

”Kami mengingatkan kepada seluruh komponen masyarakat agar aktivitas yang telah dilaksanakan dalam perlombaan ini dijadikan pemicu dan pemacu untuk dapat dikembangkan dan ditingkatkan dalam berbagai bentuk kegiatan lainnya serta dilaksanakan secara berkelanjutan demi kemajuan desa masing-masing dimasa datang,”tegasnya.

Marwan berharap Kecamatan Ukui Desa Bukit Gajah dapat memenangi lomba ini. Desa Bukit gajah banyak memenangi lomba , dari kebersihan , etos kerja dan keamanan desa. Bagaimana Desa Bukit gajah Kecamatan Ukui kabupaten Pelalawan dapat memenangi lomba desa, karena tingkat provinsi ini sangat berpengaruh bagi Kabupaten Pelalawan.

Hal yang sama disampaikan dalam sambutan Camat Ukui Basarudin mengucapkan terimakasih kepada rombongan bupati pelalawan dan tim penilai lomba desa dari provinsi yang telah sudi hadir memenuhi undangan kami untuk menilai perlombaan di desa bukit gajah. Kami optimis bisa menang dalam lomba tingkat provinsi ini.***(fin)