Bupati siak, H Syamsuar  menerima penghargaan BBGRM XI Nasional dari Mendagri Gamawan Fauzi, Kamis (22/5/14)
Bupati siak, H Syamsuar menerima penghargaan BBGRM XI Nasional dari Mendagri Gamawan Fauzi, Kamis (22/5/14)

JAKARTA (SegmenNews.com)- Bupati Siak, H Syamsuar menerima penghargaan peringkat dua tingkat Nasional dalam peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XI, dengan kategori Desa Pelaksana Terbaik.

Penghargaan tersebut langsung diberiakan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, Kamis (22/5/14), bersamaan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 42 Tingkat Nasional di Jakarta.

Adapun Desa yang mengharumkan nama Kabupaten Siak itu adalan Desa Seminal, Kecamatan Kerinci Kanan. Predikat tersebut diberikan berdasarkan penilaian tim Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang turun ke Desa Seminai, Kecamatan Kerinci Kanan beberapa waktu lalu.

Selain itu desa tersebut juga sebagai satu-satunya perwakilan untuk kategori desa dari Provinsi Riau, prestasi yang berhasil diraih Kabupaten Siak tersebut sekaligus juga melambungkan nama Provinsi Riau ditingkat nasional.

Tentunya penghargaan tersebut membanggakan bagi masyarakat Siak, Bupati Syamsuar beserta Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj.Misnarni Syamsuar menyampaikan keganggaannya terhadap masyarakat Siak yang telah menjalankan program Pemerintah Siak dengan baik, sehingga berbuah penghargaan.

“Penghargaan ini, saya harapkan dapat memberikan motivasi bagi desa-desa lain untuk mengikuti keberhasilan yang diraih Desa Seminai. Momentum ini juga membuat jajaran Pemerintah daerah maupun pemerintah kecamatan dan desa bersama masyarakat untuk senantiasa memelihara semangat gotong royong ditengah masyarakat,” terangnya.

Foto Bersama Usai menerima Piala Penghargaan Juara ke II Lomba BBGRM tingkat Nasional di Jakarta.
Foto Bersama Usai menerima Piala Penghargaan Juara ke II Lomba BBGRM tingkat Nasional di Jakarta.

Hal senada juga disampaikan Kepala BPMPD Kabupaten Siak, Abdul Razak juga berharap prestasi Desa Seminai dapat memotivasi desa-desa lain untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan serupa tahun depan.

“Desa yang sudah meraih juara sesuai aturan tidak diikutsertakan kembali tahun depan, jadi desa-desa yang lain diharapkan untuk dapat bersiap-siap mewakili Kabupaten Siak di ajang lomba desa sempena BBGRM tahun mendatang” ujarnya.

Kepala Desa (Kades) Seminai Abdul Salam, Senin (26/5/14) juga merasa bangga atas penghargaan tersebut, katanya perjuangan yang telah dilakukan akhirnya membuahkan hasil dalam BBGRM ini diciptakan moto “Menggotong royongkan masyarakat, dan memasyarakatkan gotong royong”.

Diceritakan Kades Abdul Salam, peringkat-peringkat yang diraih desanya yakni di 2012 lalu Desa Seminai ini meraih peringkat 6 besar Nasional, dan dinilai atau yang dilombakan sektor kegiatan masyarakat, pendidikan, kesehatan, ekomoni kerakyatan, yang telah berjalan di 2010 dan 2011 lalu.

“Tentunya, program-program pak Bupati Syamsuar berjalan lancar, terlihat pada BBGRM ini berbagai sektor dilombakan termasuk program pak bupati,” terang Kades Abdul Salam.

Dan saat ini, 2014 Desa Seminai meraih peringkat dua nasional, dan penghargaan langsung diberikan ke Bupati Syamsuar. Di 2014 ini, kembali dilombakan berbagai sektor termasuk sektor program-program Bupati Syamsuar yang telah berjalan di 2012 dan 2013. “Saat ini desa kita, meraih peringkat dua nasional.

Dengan diraihnya penghargaan ini, tentunya masyarakat Desa Seminai mempunyai harapan. Kades Abdul Salam berharap Pemkab Siak dapat memperhatikan lebih, dan kepada desa-desa yang belum mendapatkan kesempatan terus berjuang.***(advertorial/humas)