Pelalawan (SegmenNews.com)- Saat ini Kabupaten Pelalawan sedang dihadapi sedang dihadapi dengan permasalahan tapak perbatasan antara Kabupaten dan Kota. Permasalahan ini sudah terjadi sejak belum pemekaran menjadi Kabupaten sendiri. Tapi dengan terjadinya polemik seperti Pemerintah Kabupaten Perlalawan tidak tinggal diam setiap saat selalu melakukan mediasi untuk membahas tapak batas dengan pemerintah Kota Pekanbaru.

Hal hasil permasalahan perbatasan antara Kabupaten Pelalawan antara Pemerintah Kota Pekanbaru sudah menemukan titik terang, dimana permasalahan tersebut sudah dibahas pada hari Jumat (23/5). Perbatasan tersebut ditentukan pada perjanjian perbatasan pada acuan Kabupaten Kampar dengan Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 1988.

Asisten I Setdakab Pelalawan Hadi Penandio mengatakan, untuk permasalahan sudah menemukan titik terangnya, dimana pertemuan beberapa hari yang lalu sudah dibahas, perbatasan itu dipakai pada acuan yang lama. Saat ini tim dari Tata Pemerintahan (Tapem) Pemkab Pelalawan sudah turun kelapangan untuk menentukan titik koordinat perbatasan.

Hadi Penandio juga mengatakan, untuk permasalahan perbatasan Pelalawan dengan Kabupaten Siak akan dilanjuti lagi tentang masalah aset dimana terdapat salah satu sekolah yang terletak diperbatasan. Nantinya juga akan dibahas masalah anak-anak Siak yang sekolah diperbatasan akan dibahas juga pendidikan gratis mendapatnya.

Untuk masalah guru diperbatas akan diserahkan langsung kepada pihaknya langsung, mau ikut Kabupaten Pelalawan atau Kabupaten Siak. ” Semoga permasaahan perbatasan antara dua daerah tersebut bisa terselesaikan secepatnya,”ungkapnya.***(fin)