Kemenag Rohul Serahkan Buku “Islam Sosial” kepada IKMI Riau
Kemenag Rohul Serahkan Buku “Islam Sosial” kepada IKMI Riau

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, serahkan bantuan 100 eksemplar buku dengan judul, “Islam Sosial – Sebuah Tafsir Atas Realitas”, karyanya sendiri, dengan kata pengantar Prof Dr Komaruddin Hidayat MA, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, penerbit Penamadani Jakarta, kepada Ketua Ikatan Masjid Indonesia (IKMI) Provinsi Riau Drs H Mukhsin Zaharie, Sabtu (25/5/2014) bertempat di kantor IKMI Riau, Pekanbaru.

Buku tersebut diserahkan oleh Kakan Kemenag Rohul untuk dapat dibagikan kepada para muballigh/ah yang selama ini aktif memberikan ceramah agama di Kota Pekanbaru dan sekitarnya, sebagai bekal tambahan dalam memberikan ceramah dan pencerahan kepada masyarakat.

Ahmad Supardi Hasibuan menyatakan, penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh sebuah pemikiran bahwa ilmu pengetahuan akan berkembang manakala dituliskan, sehingga dapat dibaca, dianalisa, dikritisi, dan dikembangkan oleh orang lain. Jika ilmu tak ditulis, maka dia hanya akan menjadi miliknya sendiri.

Tradisi tulis menulis ini pada dasarnya adalah tradisi islami, dimana para ulama-ulama pada masa dahulu, menuliskan ide dan gagasannya, sehingga dapat kita pelajari pada masa kini. Kita kenal dan kita ikuti Imam Syafi’i karena memang beliau menulis kitab, seperti Al-Umm, Ar-Risalah, dan lain sebagainya, tegas Ahmad Supardi.

Ahmad Supardi juga menjelaskan, bahwa isi buku ini pada dasarnya adalah jawaban atau tanggapan, usul dan saran, serta solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi umat, sesuai dengan bidang tugas penulis. Terkadang ada problematika umat yang harus saya jawab dan sampaikan solusinya, tetapi tidak cukup dengan pembicaraan, harus saya sampaikan secara tertulis melalui media massa.

Kumpulan-kumpulan dari berbagai tulisan tersebut, saya pilih, pilah, dan edit, serta dikelompokkan sesuai bidangnya, lalu saya jadikan menjadi sebuah buku. Alhamdulillah hasilnya menjadi sebuah karya tulis, yang menjadi salah satu sumbangsih saya dalam bidang ilmu pengetahuan.

Ketua IKMI Riau Drs H Mukhsin Zaharie menyambut hangat pemberian dari Kakan Kemenag Rohul ini. Zaharie menyatakan, ini sesuatu yang luar biasa yang dilakukan oleh seorang Kakan Kemenag, biasanya hal-hal seperti ini sulit dilakukan, tetapi nyatanya dapat dilakukan oleh Kakan Kemenag Rohul.

Zaharie juga berjanji akan menyampaikan buku ini kepada muballigh IKMI, yang selama ini aktif berceramah. Saya juga berharap agar buku ini dikritisi, sehingga isinya akan lebih berkembang di masa mendatang, tegas Zaharie.***(rls/acce)