Bupati Achmad berbincang-bincang dengan pedagang cabai saat peninjauan pasar okak Rambah Samo
Bupati Achmad berbincang-bincang dengan pedagang cabai saat peninjauan pasar okak Rambah Samo

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu menegaskan saat ini harga sembilan bahan pokok (Sembako) sudah merangkak naik. Namun untuk mengantisipasi kenaikan harga jelang lebaran nanti Pemerintah kabupaten Rokan Hulu akan mensubsidi pedagang, khususnya pedagang ayam dan daging.

“Dari pantauan kita tadi, harga sudah merangkak naik, daging naik Rp 5 rb/kg, ayam naik Rp 3000 hingga 5000, cabe naik Rp 100 hingga Rp 2000. Nah, untuk menstabilkan harga jelang lebaran nanti, Pemerintah Rokan Hulu akan mengambil kebijakan dengan mensubsidi pedagang,” jelas Bupati usai melakukan peninjauan pasar okak, Kecamatan Rambah Samo di dampingi Kadikoperindag, Herry Islami, Camat Rambah Samo, Suarman Nasution, Selasa (3/6/14).

Salah satu contoh subsidi pedagang terang Bupati, Pemda akan melakukan operasi pasar bekerjasama dengan penyalur, seperti ayam dan daging, Pemda akan terjun langsung ke produksinya untuk membeli dengan harga sesuai dan disalurkan kepedagang.

Sehingga para pedagang tidak bisa lagi menjual dengan harga yang tinggi dengan alasan harga naik dari penyalur. Pihak Diskoperindag bekerjasama dengan Camat untuk memantau harga di pasar. Agar nantinya tidak mengganggu mekanisme pasar.

Hal tersebut juga akan dilakukan jelang natal dan tahun baru mendatang. Disamping itu, pembelian daging dan ayam pada rumah tangga akan dibatasi, terkecuali untuk rumah makan.

“Dengan adanya subsidi tersebut, diharapkan tidak ada lagi pedagang yang menaikkan harga jelang lebaran, agar tidak menggangu mekanisme pasar, dan terjangkau oleh masyarakat. Ditargetkan pada H-7 jelang lebaran nanti kita sudah masuk operasi pasar,” terang Bupati.

Disamping itu, Pemda juga akan membenahi pasar, agar pelayanan di pasar berjalan dengan baik.***(r4n/adv/hum)