Kabid Pertanahan, H Hisbun
Kabid Pertanahan, H Hisbun

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Untuk memberikan pengetahuan tentang ilmu sosial pertanahan, pengurusan sertifikat tanah. Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rokan Hulu melakukan interaktif langsung dengan masyarakat melalui media elektronik radio lokal, Harmoni.

Dikatakan Kepala BPN Rohul, M. Syukur melalui Kabid Pertanahan, H Hisbun, Kamis (5/6/14) kepada SegmenNews.com diruang kerjanya, bahwa dari interaktif yang dilakukan setiap Senin pukul 16:00 wib sore, banyak masyarakat yang menyampaikan keluhannya tentang sertifikat tanah.

Diantaranya, masyarakat yang tidak memiliki surat tanah, masyarakat yang hanya memiliki surat jual beli namun tidak memiliki sertifikat, masalah tanah waris. Bahkan ada juga masyarakat yang salah mengartikan pembagian tanah warisan, mereka memotong berkas sertifikat tanah dibagi empat kepada ahli waris.

Dengan adanya interktif tersebut, BPN mengetahui segala permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam pengurusan sertifikat tanah, maupun surat tanah warisan dan surat tanah wakaf. Sebab dalam interaktif BPN Rokan memberikan penjelasan dan mekanisme pengurusan sertifikat dan surat tanah lainnya.

“Kita perlu mencerdaskan masyarakat, dengan interaktif di radio ini, kita menerangkan mekanisme pengurusan sertifikat tanah dan memberikan solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat. Sehingga kedepan akan mengrangi sengketa tanah yang dihadapi masyarakat,” imbuhnya.

Hisbun juga menghimbau kepada masyarakat agar pengurusan surat tanah tidak melalui calo, sebab calo akan merugikan mereka, seperti biaya tentunya akan lebih besar begitu juga kendala waktu dan lainnya.

“Alhamdulillah setelah kita adakan interaktif langsung dengan masarakat melalui radio, banyak masyarakat yang sudah mengetahui mekanisme dan pentingnya pengurusan surat tanah mereka. Masarakat juga langsung datang sendiri kekantor BPN tanpa melaui calo,” tandasnya.***(r4n)