Calon catin mengikuti kursus
Calon catin mengikuti kursus

Rokan Hulu (SegmenNews.com) -Sebanyak 20 pasang calon pengantin ikuti Orientasi Kursus Calon Pengantin (Suscatin). Kegiatan bertujuan memberikan pembekalan terhadap calon pengantin sebelum melaksanakan pernikahan dan menjalani kehidupan berumah tangga.

Kegiatan yang ditaja Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu itu berlangsung selama satu hari di Hotel Gelora Bakti Pasir Pengaraian, baru baru ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu melalui Kepala Seksi Bimas Islam, H.Rusli,M.Sy mengatakan, Orientasi Suscatin ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan Kemenag Rohul.

Untuk tahun 2014 ini, lanjut H. Rusli, dilaksanakan di hotel Gelora Bakti Pasir Pengaraian dengan peserta merupakan Calon Pengantin yang sudah terdaftar jadwal pernikahannya di Kantor Urusan Agama Kecamatan.

‘’Jadi kita minta masing-masing KUA mengirimkan beberapa pasang Catin yang sudah terdaftar untuk diberi pembekalan melalui orintasi ini,’’ujarnya.

Lebih lanjut diterangkan Rusli, kegiatan ini selain memberkan pembekalan terhadap calon pengantin juga ada tujuan jangka panjang yang lebih besar yakni menekan jumlah angka perceraian rumah tangga di Rokan Hulu yang beberapa tahun belakangan mengalami peningkatan.

‘’Kita berharap setidaknya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi Catin, sehingga sebelum mereka melangsungkan pernikahan atau menjalani kehidupan berumah tangga sudah memilki pengetahuan, sehingga pada akhirnya akan tercipta keluarga sakinah ditengah masyarakat,’’ imbuhnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan tersebut peserta diberikan pembekalan oleh 4 orang narasumber, antara lain, Kepala Kan.kemenag Rokan Hulu,Drs.H.Ahmad Supardi,MA dengan materi kebijakan Kemenag tentang perkawinan, Kepala Subbag TU Kemenag Rokan Hulu ,H.Zulkifli Syarif,S.Ag,M.Sy dengan materi Manajemen Membina Keluarga Sakinah, Kepala Seksi Bimas Islam, H.Rusli,M.Sy dengan materi Fiqh Munakahat, dan Pendidikan Agama dan Praktek ibadah yang disampaikan Ketua MUI Rokan Hulu,Drs.H.Hasbi Abduh,MA.(rls)