Rakor MtqRokan Hulu (SegmenNews.com)-Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mulai mematangkan persiapan Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten ke-14 tahun 2014. MTQ dilaksanakan 20 Juni hingga 25 Juni di Purna MTQ KE XXXII Riau di Pasir Pengaraian bertujuan untuk menggaungkan syiar Islam di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Pematangan pelaksanaan MTQ ke-14 dilakukan melalui Rapat Koordinasi Pematangan dipimpin Asisten II Setdakab Rohul Syaiful Bahri, S.Sos, M.Si dan Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan MA di Aula Kantor Bupati Rohul, Rabu (11/6/2014). Rakor juga dihadiri seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), unsur Forkompinda serta seluruh Camat.

Pada Rakor tersebut, Kepala Disdipora Rohul H. Muhammad Zen, MMPd sendiri melaporkan untuk seremonial pembukaan MTQ ke-14, pihaknya sudah menyiapkan pasukan pengibar bendera dan tari massal untuk pembukaan MTQ dilaksanakan pada Jumat 20 Juni malam, termasuk M. Zen mengungkapkan, pawai taaruf pembukaan dilaksanakan Kamis 19 Juni 2014. Pawai bertemakan “Kita Tingkatkan Semangat Menghafal Allqur’an di Bumi Negeri Seribu Suluk” akan diikuti seluruh kecamatan dan seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Rohul, pelajar dan jemaah masjid.

Kepala Dinas Tata Ruang Cipta Karya Rohul Drs. Yusri MSi mengaku dinasnya sudah menyiapkan sarana air bersih di Purna MTQ. Kondisi lapangan juga dilaporkan sudah 80 persen aman. Dia menargetkan, pada H-5, baik gedung dan lampu penerangan sudah tuntas, termasuk menyediakan toilet.

Camat Rambah Arie Gunadi STTP selaku Koordinator Pemondokan kafilah juga penanggung jawab mengakui semua pemondokan sudah disiapkan. Perwakilan rombongan dari kecamatan diminta mengecek lokasi tempat mereka tinggal sementara nanti.

Arie mengungkapkan untuk konsumsi kafilah ada sedikit kendala, yakni masalah penyesuaian harga antara panitia dengan penyedia catering, karena menjelang bulan suci Ramadhan, harga kebutuhan pokok bakal terjadi kenaikan.

Untuk masalah kelistrikan, menurut Kabid Energi Distamben Rohul Arkom, dinasnya tengah berkoordinasi dengan pihak PT. PLN Ranting Pasirpangaraian agar tidak ada pemadaman selama kegiatan.

Untuk pameran menjadi tanggung jawab Kepala BP2TM Rohul Fazar Sidqy. Panitia akan menyediakan stand untuk seluruh SKPD, intansi vertikal, kecamatan dan ada kegiatan door prize.

Kemudian, untuk penataan parkir dan pengamanan pawai taaruf di sepanjang kegiatan akan melibatkan pihak Polres Rohul, Satpol PP Rohul dan Dishubkominfo Rohul.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Rohul Dra. Yurikawati mengaku dinasnya akan menata panggung untuk pawai taaruf dan malam pembukaan MTQ ke-14 tahun ini agar lebih semarak dari sebelumnya.

Asisten II Setdakab Rohul Saiful Bahri mengatakan MTQ tingkat kabupaten tahun ini sama seperti semaraknya dengan MTQ tingkat Provinsi Riau 2014 lalu. Sebab itu, semua panitia diminta serius menyiapkan semua kebutuhan.

Sementara itu, Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Achmad Supardi Hasibuan MA mengakui pelaksanaan MTQ ke-14 sudah hampir rampung, baik venue, pemondokan kafilah dan lainnya. Dia mengharapkan, dari MTQ itu akan berdampak semakin membuminya Alqur’an, apalagi kegiatan itu dilaksanakan menjelang bulan suci Ramadhan.***(adv/hum/r4n)