Ilustrasi Pedagang
Ilustrasi Pedagang

Siak (SegmenNews.com)– Jelang Ramadhan, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten siak melakukan operasi mendadak (sidak) ke pasar Blantik, Kamis (12/06/14). Hasil Operasi pemantauan harga sembako, ada kenaikan di beberapa bahan sembako.

Kadis Disperindagkop, Wan Bochori didampingi, Kabid pengawasan dan pengendalian Disperindagkop, Suntoro mengatakan ada kenaikan pada bahan pokok sembako, seperti minyak goreng yang sebelumnya Rp.11.000 kini menjadi Rp.13.000,gula pasir yang sebelumnya Rp 11.000 kini menjadi Rp.12.000.

Sedangkan untuk telur ayam yang sedikit mengalami banyak kenaikan yang sebelumnya Rp.28.000 kini menjadi Rp.33.000 perpapanya. Sejumlah pedagang mengungkapkan naiknya beberapa harga sembako tersebut memang dari distributornya atau dari pemasoknya langsung.

Begitu juga dengan harga sejumlah sayur mayur, malahan ada beberapa yang mengalami penurunan harga seperti bawang putih dan bawang merah harganya tergolong stabil.

Berbeda dengan daging sapi yang belum mengalami kenaikan harga hingga sekarang.Deden (40) pedagang daging sapi mengungkapkan bahsa sampai sekarang harga daging masih stabil yakni Rp 95.000/kg , namun dirinya mengaku bahwa akan ada kenaikan nantinya dan kenaikan tersebut bisa mencapai Rp 110.000/kg.

“Untuk saat ini belum harga daging belum naik tapi nanti akan ada kenaikan karna sata sudah dikasih tau oleh pemasok daging karna biasanua bulan puasa banyak yg mencari daging,” ujar deden.

Wan buchori menjelaskan kenaikan rata rata sejumlah bahan sembako tidaklah terlalu signifikan, kenaikanya masih dinilai wajar dan tidak begitu memberatkan,karna memang sudah wajar jika mendekati hari besar maka harga akan naik jelas buchori.

Namun dirinya menamghimbau kepada para pedagang agar jangan sembarangan menaikan harga agar nantinya maayarakat tidak merasa dirugikan.dan tentubya dengan harga yang maaih terjangkau.

Selain itu hassanudin (60) distributor besar disiak,mengungkapak stok untuk bahan sembako sampai sekarang cukup bagkan dirinya menambahkan stok untuk kedepan hingga lebaranpun sudah sedia.

“Stok bahan sembako sekarang hingga lebaran aman,cukup dan saya nilai tidak ada masalah,”ujar hassan.***(rinto)