Pelalawan (SegmenNews.com)– Sektretaris Camat Kecamatan Pangkalan Kerinci menyerahkan bantuan sosial berupa sembako, sebagai bentuk kepdulian kepada pemanfaat simpan pinjam perempuan. Penyerahan bantuan ini di motori Unit Pengelolah Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (UPK PNPM-MPd) Seiya Sekata Kecamatan Pangkalan Kerinci atas surplus UPK tahun 2013 sebesar Rp 65.653.900.

Sumber dana ini berasal dari jasa pengembalian kelompok perempuan (SPP) yang bergulir di masyarakat. Dengan total aset dana bergulir sebesar Rp 3.120.000.000 melalui 114 kelompok, dana ini telah dimanfaatkan kurang lebih 1.223 orang. surplus UPK Tahun 2012 sebesar Rp 60.351.800. dari surplus tersebut, sekitar 25% dialokasi untuk kegiatan bantuan sosial dengan nama PNPM Peduli. Acara berlangsung di Aula Kantor Camat Pangkalan Kerinci, Rabu (12/6/14).

Saat sambutan didepan hadapan pemanfaat, Ketua PNPM MPd Nurdin mengatakan, telah disepakati pihaknya pada pelaksanaan Musyawarah Antar Desa (MAD) tutup buku UPK tanggal 09 Januari lalu. PNPM MPd ini merupakan penyaluran realisasi surplus simpan pinjam kelompok perempuan untuk dana sosial masyarakat rumah tangga miskin di Kecamatan Pangkalan Kerinci, keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Nurdin juga mengatakan, Bantuan bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) ini merupakan hak masyarakat yang berasal dari surplus pengelolaan dana SSP (Simpan Pinjam kelompok Perempuan) PNPM Mandiri Perdesaan sebesar minimal 25% dari total jasa yang dibayar kepada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) selaku pengelola dana PNPM MPd di tingkat kecamatan. Dari kegiatan tersebut merupakan wujud rasa syukur bahwa masyarakat telah mempercayakan program SPP (Simpan Pinjam Perempuan) PNPM-Mandiri Perdesaan.

” SPP yang ada di PNPM merupakan suatu program yang didesain khusus oleh pemerintah untuk melayani kebutuhan simpan pinjam dengan beberapa keunggulan dibanding lembaga ekonomi lainnya. Munculnya SPP ditengah-tengah masyarakat diharapkan kebutuhan masyarakat dalam mengembangkan usaha dan segala kebutuhannya dengan meringankannya,”ungkapnya.

Nurdin mengatakan, bahwa program pemerintah tidak akan berjalan mulus jika tidak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat itu sendiri, oleh karena itu mari kita bahu membahu membangun PNPM-MPd ini menjadi sebuah kekuatan ekonomi kerakyatan yang programnya dari rakyat dan akan kembali kepada rakyat. Dengan adanya SPP mudah-mudahan mampu meniadakan renten-renten yang berkeliaran dalam sendi-sendi perekonomian masyarakat.

Sektretaris Camat Pangkalan Kerinci Juherman syah mengatakan, terima kasih dan apresiasi kepada pihak PNPM Mandiri pedesaan UPK Kecamatan Burau selaku mitra pemerintah daerah yang telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini merupakan momentum yang baik untuk memperkuat komitmen bersama dalam penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat.

Juherman Syah juga mengatakan, pembagian bantuan ini digulirkan setiap tahunnya, surplus di PNPM MPd mengalami peningkatan sangat memuaskan. Bantuan dana sosial sudah empat kali pertama yakni tahap pertama bantuan ini berupa akte kelahiran, tahap kedua Pendidikan, ketiga sembako dan tahap yang keempat tahun ini sembako.

” Saya memberitahukan kepada warga penerima manfaat berharap agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaat dengan baik sehingga tujuan dan sasaran dari kegiatan ini dapat tercapai,”ujarnya.***(fin)