batukSegmenNews.com– SEJUMLAH orang beranggapan jika batuk bisa sembuh dengan sendirinya. Apalagi obat paling mujarab adalah istirahat cukup dan minum air putih banyak. Benarkah demikian?

Emilia E. Achmadi, MS, Clinical Dietitian dan pakar dibidang nutrisi dan pencegahan penyakit, mengatakan bahwa batuk dibiarkan dengan alasan akan sembuh sendiri adalah cara pandang yang keliru. Sebab, jika batuk tidak segera diobati justru nantinya bisa memicu penyakit lain.

“Batuk itu kan tanda awal dari adanya ketidakberesan pada saluran pernapasan atas. Jika didiamkan, produksi lendir akan lebih banyak dan itu merupakan tempat ideal bakteri berkembang. Saat ada satu bakteri yang masuk, maka terjadilah satu penyakit,” katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Emilia kemudian menyarankan jika batuk sebaiknya tidak didiamkan saja. Segeralah untuk mencari langkah pengobatan, baik herbal seperti teh jahe hangat, teh cokelat hangat, perasan jeruk nipis, rebusan air jahe, daun mint dan adas, atau dengan mengonsumsi obat. (Baca: Konsumsi Obat Batuk Herbal, Adakah Batasannya?)

“Batuk itu kalau tidak cepat disembuhkan bisa mendatangkan penyakit serius, dan biaya pengobatan pun jadi mahal. Jadi, memang tidak bisa didiamkan saja,” tandasnya.***

 

 

Red: hasran
Sumber : okezone