Vicente del Bosque tertunduk lesu saat usai timnya kalah atas Belanda (Foto: REUTERS)
Vicente del Bosque tertunduk lesu saat usai timnya kalah atas Belanda (Foto: REUTERS)

SegmenNews.com- Kekalahan menyakitkan justru didapat Spanyol pada laga perdana Piala Dunia kali ini. Skuad besutan Vicente del Bosque itu menyerah dengan angka mencolok 1-5 atas Belanda di Stadion Itaipava Arena Fonte Nova, Salvador, Bahia.

Pertemuan dengan Belanda mengulang laga final edisi Piala Dunia sebelumnya, di Afrika Selatan. Kala itu Spanyol berhasil menundukkan Tim Oranye dengan skor tipis 1-0, satu-satunya gol yang dicetak pun terjadi pada babak tambahan.

Alih-alih mengulang hasil positif serupa empat tahun lalu, La Furia Roja justru dipermalukan Robin van Persie dkk lewat skor 5-1 di laga dini hari tadi. Entrenador Timnas Spanyol, Vicente del Bosque, mengaku dirinya langsung sakit usai pertandingan itu.

“Saya merasa sakit, meski ringan. Tapi dengan keberanian, kekalahan tidak seharusnya menenggelamkan kami,” kata Del Bosque, dikutip segmennews.com dari laman okezone.com, Sabtu (14/6/2014).

Atas kekalahan memalukan ini, Del Bosque juga tidak ingin menyalahkan pemain tertentu. Seperti diketahui, Iker Casillas menjadi pemain yang paling banyak disorot karena blunder yang diciptakan pada laga itu.

“Saya menegaskan ini bukan waktu untuk menyalahkan. Kekalahan tidak datang dari performa pemain tertentu. Kami tidak bisa menyalahkan siapa pun, apalagi Casillas,” tegas del Bosque.

“Ini bukanlah momen bahagia. Kami adalah tim yang diisi profesional dan pemain yang baik, semua pasti tersakit. Tidak ada saling tuduh di antara kami dan itu merupakan hal baik,” lanjut mantan pelatih Real Madrid itu.***(has)