musibah angin puting beliung, yang melanda Desa Bekawan, Kecamatan Mandah
musibah angin puting beliung, yang melanda Desa Bekawan, Kecamatan Mandah

Tembilahan (SegmenNews.com) – Setidaknya 78 rumah rusak dan 5 orang mengalami luka-luka pada musibah angin puting beliung, yang melanda Desa Bekawan, Kecamatan Mandah, Sabtu (14/6/2014) pagi.

Angin puting beliung yang muncul sekitar pukul 07.30 WIB ini, menghantam puluhan rumah yang terletak di RT 01, RT 03, RT 06, RT 07 Desa Bekawan.

Akibat musibah tersebut, 96 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 341 jiwa harus mengungsi ke rumah sanak keluarga dan tetangga dekat, dikarenakan beberapa rumah mengalami rusak berat dan tidak bisa ditinggali lagi.

Menurut Camat Mandah, M Nursal, berdasarkan data yang ia terima, 78 rumah yang mengalami kerusakan tersebut, terdiri dari 30 rumah rusak berat dan 48 rumah rusak ringan. Sedangkan satu dari lima korban yang terluka, mengalami luka yang cukup berat di bagian kepala, akibat terkena atap seng rumah miliknya.

“Kita harapkan para korban dapat lebih tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan ini, mudah-mudahan dibalik musibah ini ada hikmah yang lebih baik lagi dari Allah SWT,” tutur Nursal.

Sementara itu, Kepala Desa Bekawan, M Nur menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan upaya bagi relokasi korban angin puting beliung tersebut.

Dimana, dari sebagian korban ada yang menumpang di rumah keluarganya dan tetangga dekat. Sedangkan pihak pemerintahan desa mengupayakan mendirikan tenda bagi menampung warga dan korban lainnya.

“Korban yang luka bernama Ana (38), warga RT 006 RW 002 Dusun Bekawan Luar. Ia mengalami luka robek dibagian kepala, akibat terkena atap seng rumah. Saat ini, korban masih menjalani perawatan di Pustu Desa Bekawan,” imbuhnya.***(Eni)