Pembukaan MTQ Nasional di Batam
Pembukaan MTQ Nasional di Batam

Pekanbaru (SegmenNews.com) – Provinsi Riau memperoleh peringkat ke-9 dan berhasil mengalahkan puluhan kafilah lainnya se-Indonesia. Sementara untuk juara umum MTQ diraih tuan rumah Provinsi Kepulauan Riau. Juara kedua Provinsi Banten dan ketiga Provinsi Jawa Barat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Riau, H Tarmizi Tohor menilai prestasi yang diraih merupakan hasil maksimal. Di mana capaian tersebut merupakan kerja keras dari kafilah yang murni merupakan putra-putri terbaik dari bumi Melayu Lancang Kuning.

Dari rangkaian kegiatan bernuansa religi tersebut Riau berhasil memperoleh juara untuk salah satu cabang bergengsi. Di mana, Riau dianugerahkan menjadi juara pertama untuk pawai taaruf yang dilaksanakan satu hari sebelum pembukaan MTQ beberapa waktu lalu.

Hal itu tidak terlepas dari semangat dan komitmen Gubernur Riau H Annas Maamun dan pihak terkait lainnya dalam mendatangkan hampir seribu peserta pawai ke provinsi tetangga tersebut. Perjuangan tersebut berbuah manis, Riau dipercaya menjadi provinsi terbaik untuk kategori pawai taaruf.

Selain itu, Provinsi Riau juga berhasil meraih emas untuk cabang karya ilmiah bidang pengembangan Alquran. Tidak hanya itu, stand kafilah Riau juga menjadi stand terbaik dalam pameran investasi daerah di acara yang dilaksanakan di provinsi pemekaran Riau itu.

Capaian tersebut juga merupakan prestasi jika dibandingkan dua tahun sebelumnya Riau. Di mana, pada peringatan dua tahun lalu, Riau hanya berada pada peringkat 12 dan tidak mendapat juara untuk pawai taaruf.

Sementara itu, Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Zakaria bersama Kepala Bagian Penerangan Biro Humas Setdaprov Riau, Afriati mengatakan prestasi yang diraih akan disampaikan ke Gubernur Riau.

Sehingga menjadi bahan evaluasi untuk lebih memaksimalkan pada peringatan MTQ dua tahun mendatang.

Dia menerangkan, dengan pengalaman dan kerja keras tersebut diharapkan dapat menjadi cambuk positif untuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ tahun 2018 mendatang. Untuk itu, para putra-putri terbaik tersebut akan diberikan pembekalan lebih maksimal dalam mengharumkan Riau pada kegiatan-kegiatan bernuansa religi lainnya.***(son/rpc)