Bupati Achmad, Ketua PKK, Maghdalisni Achmad, Wakil Bupati Ir Hafith Syukri MM beserta istri meninjau makanan lomba cipta menu
Bupati Achmad, Ketua PKK, Maghdalisni Achmad, Wakil Bupati Ir Hafith Syukri MM beserta istri meninjau makanan lomba cipta menu

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Bupati Rokan Hulu menegaskan kepada Camat agar mensosialisasikan Beragam menu, Bergizi Seimbang dan Aman (BK2SA) berbasis lokal kepada masyarakat.

Sebab di Kabupaten Rokan Hulu terdapat berbagai macam makanan di daerah masing-masing. Produk lokal ini perlu dikembangkan, tanpa menggunakan pupuk berkimia, sehingga dengan pengeluaran yang murah bisa mendapatkan makanan yang bergisi dan aman.

“Makanan yang ada di daerah Masing-masing bisa dikembangkan tanpa harus menggunakan pupuk kimia. Ini perlu disosialisasikan oleh para Camat, Penyuluh melalui PPL kepada masyarakat, bisa juga melalui posyandu-posyandu yang berada ditengah-tengah masyarakat,” tegas Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi saat membukan acara lomba cipta menu di gedung wanita, PasirPangaraian yang diikuti oleh peserta dari 16 Kecamatan di Rokan Hulu, Senin (16//6/14).

Dilanjutkan Bupati, lomba Cipta Menu ini juga berguna untuk membentuk kreatifitas masyarakat, dimana hasil makanan yang diperlombakan itu juga disosialisasikan kemasyarakat. Agar masyarakt tahu untuk mendapatkan makanan murah dan bergizi seimbang tak perlu biaya mahal.

Disamping itu, Kepala Badan Tanaman Pangan Rohul, Ruslan mengatakan bahwa sesuai aturan dan ketentuan Pusat maupun Provinsi untuk mensosialisasikan makanan non beras. Kita terus mengupayakannya kepada masyarakat salah satunya dengan lomba cipta menu ini. Dimana nantinya makanan non beras yang disajikan ini akan disosialisasiakn kepada masyarakat.

“Sebetulnya di lingkungan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu yang bisa dijadikan bahan pangan kecuali beras, seperti jagung, sukun dan umbi-umbian. Ini harus dimasyarakatkan, sehingga tidak ada krisis pangan,” tandasnya.

Lomba Cipta menu tersebut di hadiri oleh Ketua PKK, Maghdalisni Achmad, Wakil Bupati Ir Hafith Syukri MM beserta istri dan pejabat Pemda Rohul lainnya.***(adv/hum//r4n)