10456049_537463223042775_4826468058503843943_nRokan Hulu (SegmenNews.com)- Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke desa-desa terpencil dan sulit dijangkau, dalam hal ini Desa Suligi Kec Pendalian IV Koto, bersempena dengan Peringatan Israk Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW dan Menyambut bulan suci Ramadhan 1435 H/2014 M, pekan lalu bertempat di Masjid Baiturrahman Desa Suligi.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Suligi Sdr. Sujito beserta dengan perangkatnya, para Kepala Dusun, Ketua RW, Ketua RT, Pengurus dan Imam Masjid, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, Pengurus PHBI, Ibu-Ibu BKMT, Group Nasyid dan Rebana, serta lima ratus umat Islam lainnya.

Kunker ini dimaksudkan, untuk meningkatkan silaturrahim antara Kakan Kemenag Rohul dengan masyarakat Desa Suligi, sekaligus Kakan Kemenag ingin melihat secara langsung kondisi kualitas kehidupan beragama pada desa-desa terpencil, yang sulit dijangkau oleh kenderaan, bahkan sulit dihubungi melalui Hand Phone (HP) sekalipun.

Menurut Kakan Kemenag Rohul, kondisi kehidupan beragama cukup baik, sarana prasarana keagamaan cukup tersedia, berupa 3 unit masjid yang cukup besar, megah dan ramai dikunjungi oleh masyarakat, 16 unit musholla, 1 unit Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA), dan beberapa Taman Pengajian Alquran (TPQ) yang dikelola di rumah-rumah guru mengaji.

Ahmad Supardi menyatakan bahwa kunjungan kerajanya ini, dikaitkan dengan peringatan Israk Mikraj dan Penyambutan Bulan Suci Ramadhan, sebab Israk Mikraj adalah momentum penting untuk mengenang salah satu peristiwa penting yang pernah dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sedangkan penyambutan bulan suci Ramadhan, dimaksudkan untuk menyiapkan diri umat Islam, menyambut kedatangan serta mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai amaliyah, sebab Ramadhan adalah bulan yang agung, mulia, penuh berkah, didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Ahmad Supardi berharap, agar momentum Israk Mikraj dan Penyambutan Bulan Suci Ramadhan ini dijadikan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi atas berbagai hal penting, sebagai bertikut :

Pertama, Mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah sholat, sebab sholat adalah hasil dari Israk Mikraj dan memegang peranan penting dalam agama. Hal ini sesuai hadits Nabi : “Yang pertama sekali dihisab pada hari qiamat adalah sholat. Jika sholatnya baik maka seluruh amalnya dinilai baik. Tetapi jika sholatnya rusak, maka seluruh amalnya dinilai rusak”.

Kedua, mengevaluasi ketaatan umat membelanjakan harta di Jalan Allah, berupa zakat, wakaf, infaq, shodaqah, dan sebagaianya, sebab dalam perjalanan Israk, Nabi melihat sekolompok manusia yang menanam tumbuhan saat itu dan memanen saat itu juga. Ketika Nabi bertanya pada Jibril, beliau menjawab bahwa itu adalah tamtsil umat Muhammad yang membelanjakan hartanya di Jalan Allah.

Ketiga, menyiapkan diri secara penuh hati, menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, sekaligus menanamkan tekad yang bulat untuk berazam melaksanakan berbagai amaliyah Ramadhan, sebab Ramadhan datang untuk kita, membawa berkah untuk kita, dan memberi manfaat untuk kita semua.

Kepala Desa Suligi Sujito, menyampaikan rasa terima kasihnya, atas kunjungan kerja Kakan Kemenag Rohul di desanya, sebab jarang sekali pejabat tinggi Kabupaten Rohul, datang berkunjung ke desa ini. Hal ini adalah sebuah kebanggaan yang tiada ternilai harganya dengan uang, papar Sujito.

Sujito melaporkan bahwa di desanya, program magrib mengaji, menghafal Alquran, sholat berjamaah, berjalan dengan cukup baik. Di Desa ini tersedia tiga masjid, yaitu Masjid Baitur Rahman, Al-Muhajirin, dan Darussalam, ditambah dengan 16 unit Musholla. Kesemuanya dimanfaatkan masyarakat untuk tempat beribadah, jelas Sujito.***(acce