Tokyo (int)
Tokyo (int)

Tokyo (SegmenNews.com)– Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe membuka kemungkinan pembebasan visa kepada warga Indonesia sampai setahun. “Ini menunjukkan keseriusan Jepang dalam membuka diri, membebaskan warga Indonesia masuk ke Jepang nantinya tanpa Visa, sebagai wisatawan,” ungkap sumber Tribunnews.com di pemerintahan Jepang siang ini (17/6/2014).

Dengan demikian, tambahnya, tidak akan lama lagi warga Indonesia dapat ke Jepang bebas visa, namun belum tahu kapan pemberlakuannya. “Yang pasti, paling lambat tahun depan sudah bisa bebas visa bagi warga Indonesia,” tambahnya lagi.

Pembahasan Abe hari ini dianggapnya sangat positif karena satu hal yang sangat menarik adalah penggunaan atau status visa wisata yang mungkin bisa dipakai untuk jangka waktu maksimal satu tahun. Selama ini visa wisata maksimal hanya 3 bulan saja.

Upaya membuka Jepang bagi warga Indonesia ini juga sejalan dengan upaya pemerintah Jepang menargetkan 20 juta wisatawan asing per tahun datang ke Jepang. Saat ini baru sekitar 10 juta wisatawan asing per tahun datang jalan-jalan ke Jepang.

Selain itu Jepang juga akan mengupayakan agar outlet free duty dilipat gandakan sedikitnya nanti mencapai 10.000 toko Free Duty bia bertebaran di Jepang sehingga para wisatawan asing semakin mudah berbelanja di toko tersebut. Dengan adanya outlet free duty, pajak pertambahan nilai (PPN) dapat dikembalikan kepada orang asing di bandara internasional sebelum pulang ke negaranya masing-masing.***(SegmenNews.com/Tribunnews)